Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peserta Demo Bela Palestina Penuhi Masjid Istiqlal

- Lingkungan Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (16/12/2017) malam dipenuhi para pengunjung yang merupakan peserta Aksi Bela Palestina yang akan digelar Minggu (17/12/2017) , di Monas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Demo Bebaskan Palestina di Times Square, New York/Reuters
Demo Bebaskan Palestina di Times Square, New York/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Lingkungan Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (16/12/2017) malam dipenuhi para pengunjung yang merupakan peserta Aksi Bela Palestina yang akan digelar Minggu (17/12/2017) , di Monas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dengan memakai ikat kepala bewarna hitam dan bertuliskan La ilaaha illallah, Muhammadur rasulullah, para calon demonstran tersebut beristirahat di lorong-lorong masjid untuk mengikuti aksi esok paginya.

“Sudah datang dari ba’da Isya, hingga saat ini sudah sekitar seribu yang datang untuk menginap,” ujar Kepala Keamanan Masjid Istiqlal Jawairi saat ditemui di aula utama masjid, Sabtu (16/12/2017).

Dijelaskan, pemandangan seperti ini wajar terjadi jika ada demo yang akan dilakukan oleh umat muslim esok harinya di kawasan Monas.

Menurut dia, Masjid Istiqlal dipilih para peserta aksi sebagai tempat menginap karena selain gratis, lokasinya juga tidak begitu jauh dari Monas, sehingga para peserta aksi akan mudah untuk datang menuju lokasi.

“Pas 212, jumlahnya lebih ramai dari ini, sampai penuh lorong-lorong,” ujarnya.

MUI akan memimpin Aksi Bela Palestina di Monas pada Ahad, 17 Desember 2017. Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin mengatakan semua organisasi kemasyarakatan Islam akan ikut serta dalam aksi tersebut dan memastikan aksi akan berjalan damai tanpa ujaran kebencian.

Aksi digelar sebagai bentuk penolakan atas kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menghendaki Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan akan memindahkan kantor Kedutaan Besar Amerika dari Tel Aviv ke Yerusalem.

MUI menolak kebijakan tersebut karena Indonesia menentang segala bentuk penjajahan. Menurut Ma'ruf, kebijakan Amerika itu bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Selain diikuti MUI dan berbagai ormas Islam, aksi solidaritas itu akan diikuti tokoh lintas agama, diplomat, serta semua masyarakat. Aksi bela Palestina akan digelar pukul 05.30-11.00 di Istiqlal dan Monas. Aksi akan didahului dengan salat subuh berjemaah, kemudian dilanjutkan zikir dan doa. Setelah itu, orasi-orasi dari berbagai tokoh ormas.

Menurut pantauan Tempo, hingga pukul 23.00 WIB, jumlah pengunjung Aksi Bela Palestina yang memadati Masjid Istiqlal semakin ramai. Para peserta yang ingin bermalam di sini, diimbau untuk tidak membawa kendaraan dan selalu memperhatikan barang bawaannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper