Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disney Bersedia Beli Aset Fox Seharga US$75 Miliar

Walt Disney Co. dikabarkan telah menyetujui membeli film, televisi, dan unit bisnis internasional milik pengusaha Rupert Murdoch Twenty-First Century Fox Inc.
 Rupert Murdoch, CEO of News Corp. and 21st Century Fox, diapit anaknya Lachlan (kiri) dan James (kanan). /Reuters
Rupert Murdoch, CEO of News Corp. and 21st Century Fox, diapit anaknya Lachlan (kiri) dan James (kanan). /Reuters

Bisnis.com, LOS ANGELES - Walt Disney Co. dikabarkan telah menyetujui membeli film, televisi, dan unit bisnis internasional milik pengusaha Rupert Murdoch Twenty-First Century Fox Inc.

Menurut Reuters, nilai kesepakatan tersebut diperkirakan akan mencapai US$75 miliar atau setara dengan US$40 per lembar saham.

Kesepakatan yang rencananya akan diumumkan ke publik pada Kamis (14/12/2017) waktu setempat akan mengakhiri ekspansi yang telah dilakukan Murdoch selama lebih dari setengah abad.

Murdoch yang saat ini berusia 86 tahun mengawali bisnis medianya dari sebuah koran yang diwariskan dari ayahnya pada usia 21 tahun. Dia telah sukses mengembangkannya menjadi sebuah perusahaan penting dalam industri media massa dan perfilman global.

Seorang sumber, Rabu (13/12/2017) waktu setempat mengatakan, dalam semua kesepatakan saham tersebut aset Fox seperti Twentieth Century Fox movie dan TV studio, jaringan kabel dan operasi internasional yang akan dijual kepada Disney akan dihargai sebesar US$29 per lembar saham.

Sumber yang menolak disebutkan namanya mengatakan pula bahwa sisa aset Fox yang berfokus pada pemberitaan dan olah raga akan ditawarkan kepada pemegang saham Fox saat ini dalam perusahaan baru yang diperkirakan akan dihargai sebesar lebih dari US$11 per lembar saham.

Sampai berita ini diturunkan, pihak Disney maupun Fox belum mau memberi tanggapan secara resmi. Fox menutup perdagangan bursa saham di titik US$32,75 per lembar saham. Memberikan kapitalisasi pasar sekitar US$60 miliar.

Murdoch yang berasal dari Australia mulai mengembangkan bisnis pemberitaannya tersebut pada 1952 dan berlangsung sampai puluhan tahun. Dia berhasil mengakuisisi perusahaan besar seperti Wall Street Journal, the London Times, dan 20th Century Fox Movies Studio.

Pilihan untuk menjual aset saat ini ketimbang memercayakan kedua anaknya, James dan Lachlan, untuk melanjutkan bisnis tersebut mengagetkan sejumlah pihak dan analis. Sampai saat ini juga tidak ada yang memperkirakan bahwa Murdoch akan diberi posisi direksi di Disney.

Disney saat ini tengah kesulitan untuk memperkuat jaringan bisnis televisinya, sebagaimana pembatalan jaringan televisi kabel memberi tekanan pada kanal olahraga ESPN yang merupakan jaringan terbesar mereka.

Kesepakatan dengan Fox ini akan membawa franchise terbesar ke dalam Disney yang sebelumnya telah mengakuisisi Pixar Animation Studios, Marvel Entertainment, dan produser Star Wars, Lucasfilm.

Disney juga akan membeli saham Fox dari layanan streaming Hulu, yang akan memberikan mereka kontrol mayoritas atas kompetitor lainnya seperti Netflix Inc. Hulu sebagian besarnya juga dimiliki oleh Comcast Corp dan Time Warner Inc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper