Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasang Klausa Baku "Barang yang Sudah Dibeli, Tidak Dapat Dikembalikan", Pemilik Usaha Bisa Dipidana

Ternyata, kalimat Barang yang Sudah Dibeli, Tidak Dapat Dikembalikan itu disebutkan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Tarakan sebagai klausa baku. Bahkan,, kalimat tersebut dinyatakan sebagai keputusan sepihak oleh pemilik toko, sehingga, dinilai telah melanggar aturan yang berlaku.
Ilustrasi/rightsprotect.com
Ilustrasi/rightsprotect.com

Bisnis.com, TARAKAN - Hati-hati memasang kalimat "Barang yang Sudah Dibeli, Tidak Dapat Dikembalikan" di toko, salah-salah sanksi pidana akan menjerat Anda.

Kalimat “Barang yang sudah dibeli, tidak dapat dikembalikan” biasanya kita temui di banyak toko atau mini market. Biasanya, penempatan kalimat itu berada di area kasir.

Ternyata, kalimat "Barang yang Sudah Dibeli, Tidak Dapat Dikembalikan" itu disebutkan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Tarakan sebagai klausa baku. Bahkan,, kalimat tersebut dinyatakan sebagai keputusan sepihak oleh pemilik toko, sehingga, dinilai telah melanggar aturan yang berlaku.

Kepala BPSK Tarakan Hidayat menegaskan, pihaknya telah melakukan pengawasan klausa baku atau peringatan yang dibuat sepihak oleh pemilik usaha kepada konsumen bahwa "barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan", itu melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Melihat maraknya kejadian klausa baku di Tarakan, BPSK Tarakan pun fokus terjun ke lapangan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah toko.

“Kami sudah turun ke lapangan untuk memberikan peringatan-peringatan, kalau pun masih ada pemilik usaha yang melakukan akan kami tindaki,” tegas Hidayat, Selasa (12/12/2017).

Sejauh ini, sudah 22 toko yang disambangi BPSK Tarakan. Bahkan, 5 toko di antaranya ditemukan memasang klausa baku. Langsung saja diberikan teguran oleh BPSK Tarakan.

“Pemilik juga sudah berjanji akan mengganti klausa bakunya,” cetusnya.

Sementara, langkah awal menindaki temuan oleh 5 toko ‘bandel’, panggilan untuk semacam mediasi terhadap pemilik usaha. Namun, Hidayat kembali menegaskan, kalau saja pemilik toko masih tetap melakukan atau memasang tulisan tersebut, pihaknya tidak segan-segan akan mempidanakan si pemilik dan dilaporkan ke penyidik umum bahwa si peilik toko telah melanggar undang-undang.

“Bisa sampai ke pidana. Itu juga bisa dikurung sampai 5 tahun,” ungkapnya.

Dia menambahkan, masyarakat juga dapat melaporkan ke BPSK jika melihat ada toko yang memasang klausa baku. Sebab, tindak tersebut dianggap melanggar hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eldwin Sangga
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper