Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nusa Penida Festival 2017 Dikunjungi Turis Mancanegara

Ribuan turis domestik dan mancanegara diklaim mengunjungi Kawasan Nusa Penida selama pelaksanaan Nusa Penida Festival 2017, yang berlangsung pada 6-9 Desember.
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta (baju putih) memukul gol menandai penutupan NPF 2017/Humas Klungkung
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta (baju putih) memukul gol menandai penutupan NPF 2017/Humas Klungkung

Bisnis.com,  DENPASAR — Ribuan turis domestik dan mancanegara diklaim mengunjungi Kawasan Nusa Penida selama pelaksanaan Nusa Penida Festival 2017, yang berlangsung pada 6-9 Desember.

Bupati Kungkung I Nyoman Suwirta menyatakan meski telah ditutup tetapi aura Nusa Penida Festival yang mempunyai tagline "The Blue Paradise Islands" tidak boleh berhenti sampai disini. Pasalnya, inti dari promosi pariwisata adalah tidak hanya saat pelaksanaan festival saja tetapi setelah kegiatan itu selesai yang ditunjukkan dengan meningkatnya geliat perekonomian dan pariwisata.

“Harapan kami melalui festival, memberi motivasi pada semua, bahwa apapun kondisnya kita harus tegar dan tetap semangat,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Minggu (10/12/2017).

Perhelatan tahunan ini secara resmi ditutup Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di pantai Mahagiri Desa Jungutbatu Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Sabtu (9/12/2017). NPF 2017 ditutup dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba yang digelar selama pelaksanaan festival.

Suwirta mengatakan masyarakat Nusa Penida khususnya Lembongan dan Jungutbatu yang 90% bergantung didunia pariwisata tidak boleh berjalan sendiri dan melawan aturan. Menurut bupati asal Ceningan, Nusa Penida ini pariwisata harus berjalan bersama dengan mengikuti aturan yang ada.

Dia juga mengajak masyarakat untuk merenung ditengah menyusutnya semangat menyama braya.

Pemkab Klungjung telah merancang pembangunan pelabuhan segitiga emas yang menjadi pintu utama. Selain itu, pengelolaan destinasi ini kedepan telah dirancang akan dikelola dengan badan pengelola untuk meningkatkan pendapatan daerah.

"Semua ini diperlukan dukungan masyarakat untuk menuju yang lebih baik," paparnya

Panitia NPF 2017 Wayan Gede Abhyudaya menyampaikan syukur atas kelancaran pelaksanaan festival. Menurut Abhyudaya, suksesnya pelaksanaan kegiatan ini tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan semua pihak.

Dijelaskan, pelaksanaan festival ditengah kondisi pariwisata akibat peningkatan aktivitas Gunung Agung merupakan tantangan ditengah lesunya pariwisata yang sangat terasa di Lembongan, Nusa Penida. Untuk itu, dia berharap situasi ini cepat pulih dan geliat ekonomi kembali seperti sedia kala.

“Semoga dengan adanya festival ini pariwisata Lembongan, Nusa Penida dan Bali kembali jaya," harapnya.

Nusa Penida Festival (NPF) merupakan ajang promosi pariwisata budaya dan keindahan alam Nusa Penida. Festival mengambil lokasi yang berbeda-beda di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung dengan tiga Pulau yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Tahun ini Nusa Penida Festival dilaksanakan di pantai Mahagiri Desa Jungutbatu Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida selama empat hari, mulai Rabu (6/12/2017) hingga Sabtu (9/12/2017).

Caption: Bupati Klungkung Nyoman Suwirta (baju putih) memukul gol menandai penutupan NPF 2017. Sumber foto: Humas Klungkung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper