Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap, Ini Alasan Mendasar Trump Akui Yerusalem Ibu Kota Israel

Para pakar menyebut alasan politik dan faktor psikologis telah mendorong Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendadak menyatakan bahwa negaranya mengakui Yerusalem Ibu Kota Israel.
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump/Reuters
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Para pakar menyebut alasan politik dan faktor psikologis telah mendorong Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendadak menyatakan bahwa negaranya mengakui Yerusalem Ibu Kota Israel.

SIMAK : 100 Intelektual Yahudi Kutuk Keputusan Donald Trump

Laman lembaga penyiaran Jerman, Deutsche Welle, mengajukan salah satu dari dua alasan yang mendasari Trump tiba-tiba mengeluarkan kebijakan yang dikecam oleh seisi dunia tersebut, termasuk sekutu-sekutu terdekat AS.

Alasan yang paling mengejutkan adalah tindakan Trump ini murni ditujukan untuk konsumsi politik dalam negeri AS, khususnya dalam kaitannya dengan Pemilu Sela tahun depan.

Rasionalnya adalah keputusan Trump menyangkut Yerusalem itu adalah hanya untuk menarik perhatian kaum Kristen evangelis di dalam negeri AS, demi memenangkan Pemilu Sela itu.

BACA : Putra Mahkota Arab Beli Lukisan Yesus Seharga US$450 Juta

Bagi Martin Indyk, mantan utusan khusus AS untuk negosiasi damai Israel-Palestina dan mantan duta besar AS untuk Israel, menyatakan alasan keputusan Trump ini benar-benar karena pertimbangan politik dalam negeri yang sangat mudah untuk dijelaskan.

"Keputusan itu adalah ajakan kepada basis pemilih Kristen evangalisnya, sederhana sekali," kata Indyk yang kini menjadi wakil presiden Brookings Institution.

Steven Spiegel, Direktur Pusat Studi Timur Tengah pada Universitas California, Los Angeles (UCLA), menyebut keputusan Trump itu untuk menarik perhatian pemilih konservatif Kristen dan Yahudi. Selama kampanye Pilpres tahun lalu Trump sudah berjanji mengakui Yerusalem Ibu Kota Israel kepada dua komunitas yang menjadi basis pendukung dia.

Dengan mendekati lagi basis pemilihnya, Trump berusaha mencegah Partai Republik kalah pada Pemilu Sela tahun depan, sehingga parlemen tetap dikuasai Republik. Jika Demokrat menguasai parlemen pasca-Pemilu sela tahun depan, maka posisi Trump menjadi sangat berbahaya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper