Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

dr Hinohara: Jangan Pensiun Jika Masih Mampu Bekerja

Umumnya, orang Amerika pensiun dari pekerjaan ketika usia telah mencapai 63 tahun.
dr Hinohara/cnbc
dr Hinohara/cnbc

Bisnis.com, JAKARTA - Umumnya, orang Amerika dan negara lainnya pensiun dari pekerjaan ketika usia telah mencapai 63 tahun.

Namun, itu tidak berlaku bagi seorang dokter asal Jepang Dr. Shigeaki Hinohara, yang meninggal di usianya menginjak 105 tahun pada Juli 2017 lalu.

"Jangan pensiun. Jika Anda merasa harus pensiun, maka lakukan setelah usia Anda di atas 65 tahun," demikian wawancaranya dengan wartawan Times Judit Kawaguchi, ketika dia masih hidup dulu.

Dia sendiri, masih tetap berusaha bekerja meskipun usianya sudah sangat senja.

Dr. Hinohara, yang bekerja hingga 18 jam sehari itu mengatakan saat ini orang hidup lebih panjang. Misalnya saja di Jepang, perempuan umumnya bisa hidup hingga usia 87 tahun, dan pria hingga 80 tahun. Dalam 20 tahun ada sebanyak 50.000 orang hidup hingga usia 100 tahun.

Dia menyebutkan karena itu untuk menjaga tubuh kesehatan dan menyimpan energi adalah hal yang sangat penting. Kuncinya adalah bukan semata makan yang sehat atau tidur yang cukup. Tapi energi datang dari perasaan yang bahagia.

Dr. Hinohara mencontohkan kehidupan ketika kita masih anak-anak. Dimana kita selalu bersenang-senang, bahkan sering lupa makan atau tidur. Itulah yang harus dilakukan orang dewasa.

"Yang terbaik adalah tidak memaksa tubuh menjalankan banyak aturan seperti makan siang atau waktu tidur," tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan pengalaman Hinohara, konsultan keuangan Personal Suze Orman menantang usia pensiun di ASM bisa mencapai 70 tahun.

Seperti halnya Hinohara, dia juga menyebutkan orang Amerika saat ini hidup lebih lama. Dalam tulisannya di Money, Orman menyebutkan karena itulah alasan mengapa orang butuh dana setelah pensiun lebih banyak.

"Anda harus mulai memikirkan untuk menyimpan uang selama pensiun sekitar 15 tahun lamanya. Jika Anda penisun di usia 60 tahun, maka dana pensiun Anda tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga Anda menutup usia," ujarnya.

"Orang sehat yang kini sudah mencapai usia 60 tahun, maka dia punya peluang hidup hingga 90 tahun. Apakah Anda yakin tidak akan kehabisan uang pensiun hingga usia tersebut jika Anda pensiun di usia 60 tahun," tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : cnbc

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper