Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nike Hengkang dari Properti Milik Trump di New York City

Kekaisaran real estate swasta Donald Trump secara resmi kehilangan salah satu penyewa terpentingnya pada hari Senin, ketika Nike mengumumkan mereka menutup tokonya di properti 6 East 57th Street milik presiden di New York City pada musim semi berikutnya yang mendukung lokasi baru hanya beberapa blok jauh.
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sela-sela KTT G20,  di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/7) siang waktu setempat./REUTERS-Wolfgang Rattay
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sela-sela KTT G20, di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/7) siang waktu setempat./REUTERS-Wolfgang Rattay

Bisnis.com, JAKARTA - Kekaisaran real estate swasta Donald Trump secara resmi kehilangan salah satu penyewa terpentingnya ketika Nike mengumumkan  menutup tokonya di properti 6 East 57th Street milik presiden di New York City pada musim semi berikutnya dan pindah ke  lokasi baru yang berjarak hanya beberapa blok jauhnya.

Pengumuman tersebut diumumkan setahun setelah pemilik komersial SL Green mengungkapkan mereka  menandatangani kontrak kerja 15 tahun dengan Nike di 650 Fifth Avenue.

Dari semua properti komersial dalam portofolio Presiden Trump, area yang dikenal sebagai Niketown itu, sejauh ini  yang terbesar yang diduduki oleh penyewa tunggal.

Dengan ditinggalkan Nike, Organisasi Trump  mencari identitas baru di properti, yang diperkirakan Forbes bernilai US$ 253 juta.

Bangunan ini terdiri dari ruangan sekitar 65.000 meter  persegi  di Fifth Avenue, di tengah salah satu koridor ritel paling terkenal di dunia. Tapi karena Amazon dan situs e-commerce lain meraih lebih banyak bisnis setiap tahun, nilai real estat ritel di lingkungan tersebut terus turun. Trump mengendalikan Niketown, yang berada di dekat Trump Tower, semakin memperumitnya.

"Saya tidak tahu ada penyewa yang membutuhkan banyak ruang selain department store," kata Eric Anton, broker real estat Manhattan di firma Marcus & Millichap. "Dan menurut saya tidak ada toko serba ada yang meluas. Mungkin Harrods masuk dan mengambilnya. Tapi kelompok asing mana pun akan dianggap aneh - Anda tahu, kolusi atau semacam teori konspirasi Trump yang gila."

Peritel domestik mungkin juga mencari situs lain di wilayah New York City dimana hanya 10% dari populasi memilih Donald Trump. Tiffany's, yang memiliki situs di sebelah Niketown, mengatakan "gangguan lalu lintas pasca-pemilu" membantu menyebabkan penurunan 14% dalam penjualan selama musim liburan 2016.

Meski begitu, 6 East 57th Street tetap berada di jantung kawasan komersial New York, yang menarik wisatawan dari seluruh dunia. "Anda mendapatkan ritel terbaik di planet ini dalam jarak 100 kaki ke segala arah," kata Anton.

"Mungkin Anda bisa memilih salah satu penyewa yang keluar, Anda tahu. Anda pasti akan melakukan fasad baru. Mereka akan mengikis fasad itu dan mereka akan membangun sesuatu yang sangat menarik. "

Seorang juru bicara untuk Organisasi Trump tidak menanggapi permintaan untuk memberikan komentar.

Apapun yang dilakukan oleh Organisasi Trump, hal itu tidak akan mendapat banyak tekanan dari pemberi pinjaman. Organisasi Trump, yang memiliki sewa tanah di luar angkasa sampai 2079, baru-baru ini melunasi hutangnya atas properti tersebut. Presiden juga memiliki kantor dan ruang ritel di Trump Tower. Penyewa terbesar ada Gucci, menurut pengarsipan Securities and Exchange Commission 2012, yang memiliki masa sewa yang akan berakhir pada 2026.

Sejak pengumuman perjanjian baru Nike dengan SL Green, banyak yang menduga langkah keluar dari bayang-bayang Menara Trump setidaknya sebagian didorong oleh retorika politik Trump yang memecah belah.

Juru bicara Nike Ilana Finley menolak untuk membahas apakah politik memainkan peran dalam keputusan tersebut, dengan mengatakan perusahaan tersebut telah merencanakan langkah "selama bertahun-tahun." Ruang baru "memberi kita lebih banyak kesempatan untuk bermain dengan konsep baru daripada yang kita miliki sekarang," kata Finley.

Dua karyawan mengatakan retorika politik Trump memainkan peran kecil dalam keputusan Nike untuk pergi, tata letak fisik toko merupakan faktor yang lebih besar.

"Ini terutama karena keterbatasan ruang, lebih dari sekadar implikasi politik," kata seorang karyawan Nike saat ini, yang meminta namanya dirahasiakan untuk membicarakan masalah yang tidak mereka undang untuk didiskusikan.

Karyawan lain, yang juga meminta namanya dirahasiakan, mengatakan perancang toko di Nike "membenci" mengerjakan display di sana. "Ini sangat ketat. Sulit untuk melakukan apa yang ingin kita lakukan di sana. "Karyawan tersebut mengatakan dikaitkan dengan nama Trump juga" faktor, sampai tingkat tertentu. "

Beberapa mantan karyawan Nike mencemooh gagasan itu dan mengatakkan langkah Nike sebagian bermotif politik. "Kami tidak pernah melakukan apapun saat berada di sana yang bahkan jauh dari politis," kata Ed Stair, mantan wakil presiden konstruksi real estat dan toko yang bekerja untuk Nike selama lebih dari satu dekade.

Nike akan menutup ruang saat ini sekitar Maret 2018, kata perusahaan itu. Sementara toko baru tidak akan dibuka untuk satu tahun lagi setelah itu, pelanggan masih dapat berbelanja di toko perusahaan di lingkungan SoHo dan Flatiron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Forbes

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper