Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Laptop di Semarang Terus Merosot

Penjualan komputer di Kota Semarang terus mengalami penurunan, karena kini masyarakat cenderung lebih memilih gadget maupun smartphone, untuk melakukan aktivitas di dalam dunia Maya.
Acer Chromebook/Acer.com
Acer Chromebook/Acer.com

Kabar24.com, SEMARANG-- Penjualan komputer di Kota Semarang terus mengalami penurunan, karena kini masyarakat cenderung lebih memilih gadget maupun smartphone, untuk melakukan aktivitas di dalam dunia Maya.

Hal ini juga berimbas, ke penjualan laptop yang terus merosot hingga Desember tahun ini.

HRD dari Toko Orbit Komputer Semarang, Didik Wahono mengatakan penjualan laptop dari segala brand di bulan November lalu cenderung sepi.

"Kalau untuk tahun ini sedikit ada peningkatan dibanding 2017. Kenaikan hanya sekitar 10% aja. Saya lihat pameran-pameran komputer sekarang mulai sepi tidak seperti dahulu yang kami mampu menjual biasanya standard mampu menjual 30 unit namun sekarang menjual lebih dari 20 unit rasanya berat sekali," ujarnya.

Menurutnya penurunan penjualan laptop dipicu oleh semakin canggihnya gadget pada tahun 2017.

"Brand ASUS tetap menjadi brand penjualan tertinggi setiap bulannya mencapai 50% dari total penjualan tiap bulannya 300 unit," tambahnya.

Sementara itu, Sales dari Visimedia Komputer Semarang, Agustinus Damas menuturkan selain dipicu oleh berkembangnya gadget, juga terjadi kenaikan harga laptop di seluruh brand.

"Kami mengalami penurunan, sebulan penjualan kami tidak sampai 100 unit biasanya kami bisa lebih dari 100 unit. Pameran pada tahun ini lebih sepi dibandingakn dua tahun lalu biasanya kami sehari mampu menjual hingga 30 unit sekarang selama pameran saja hanya kurang dari 10 unit. Kami menawarkan harga laptop kisaran harga Rp 3 juta hingga paling mahal yakni Rp. 25 juta," tuturnya.

Ia mengungkapkan para pembeli cenderung mencari harga yang murah namun memiliki kapasitas yang besar.

"Pembeli itu lihatnya sering pada harga. Namun juga melihat kapasitas. Biasanya pembeli ingin harga murah namun memiliki kapasitas yang besar. Kadang hal itu juga sulit," ungkapnya.

Pameran yang komputer yang berada di Java Supermall Semarang diikuti oleh 30 stand komputer yang menawarkan berbagai macam kebutuhan perangkat komputer. Kebutuhan tersebut seperti hardisk, motherboard, printer dan sebagainya.

Selain itu, Pengunjung yang ditemui di Podomoro Notebook Semarang, Kay merasa kebutuhan masyarakat membeli laptop maupun notebook sekarang mulai menurun.

"Biasanya para konsumen digunakan untuk kebutuhan sekolah. Dari tahun ke tahun mengalami penurunan sekitar 4 sampai 5 persen namun bisa fluktuatif," imbuh Kay.

Terdapat penawaran khusus bagi pengguna kartu kredit BCA yaitu mendapatkan gift dan voucher SOGO sebesar Rp 100.000 setiap pembelian minimal Rp 3 juta. Konsumen juga akan mendapatkan mouse wireless atau flashdisk setiap pembelian Notebook Acer.

Pameran Semarang Komputer Fair 2017, Anindya merasa pameran komputer tidak seramai dahulu. Menurutnya perangkat yang ditawarkan cukup banyak.

"Saya disini hanya melihat-lihat saja, namun jika melihat harga cukup murah ketimbang dengan hari biasa rencana datang kesini untuk membeli laptop," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper