Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REUNI 212: Ini Cuitan Menteri Agama Terkait Aksi Reuni 212

Kegiatan reuni 212 yang dilaksanakan di kawasan Monumen Nasional mengundang komentar dari berbagai pihak, termasuk dari Menteri Agama Lukman Saifuddin.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Kegiatan reuni 212 yang dilaksanakan di kawasan Monumen Nasional mengundang komentar dari berbagai pihak, termasuk dari Menteri Agama Lukman Saifuddin.

Komentar itu bermula ketika salah seorang netizen melalui akun twitternya @hafidz_ary mengunggah potongan video yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta tentang kegiatan reuni 212 yang melibatkan ribuan orang dengan menambahkan komentar pak menag @lukmansaifuddin, gmn komennya atas provokasi dari media yang bapak kasih penghargaan ini? setuju?

Mendapat mention dari netizen tersebut, Lukman Saifuddin lewat akun twitternya  pun membalas, "Tidak. Mari kita tak saling mencela antarsesama, meski beda keyakinan dan pilihan pendekatan."

Seperti diberitakan, ribuan orang berkumpul di kawasan Monumen Nasional untuk memperingati setahun aksi demonstrasi 212 yang berupaya mendorong proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta kala itu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dianggap menista ayat-ayat kitab suci.

Ketua Setara Institute Hendardi mengatakan bahwa menggambarkan secara nyata bahwa aksi yang digagas oleh sejumlah elit politik pada 2016 silam, merupakan sebuah gerakan politik. Dengan dmeikian, paparnya, kontinuitas gerakan ini akan menjadi arena politik baru yang akan terus dibangkitkan sejalan dengan agenda-agenda politk formal kenegaraan.

“Menguasai ruang publik adalah target para elit 212 untuk manikkan daya tawar politik dengan para pemburu kekuasaan atau dengan kelompok politik yang berseberangan dengan para pemegang kekuasaan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper