Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak, Ini Wilayah Terdampak Siklon Tropis Cempaka

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menegaskan bahwa bibit siklon tropis cempaka telah membawa dampak bagi kondisi cuaca di Indonesia, yaitu adanya hujan lebat yang terjadi di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi sampai Papua, gelombang tinggi dan pantai-pantai mengalami pasang air laut.
Lintasan siklon tropis pada 27 November 2017./www.bmkg.go.id
Lintasan siklon tropis pada 27 November 2017./www.bmkg.go.id

Kabar24.com, JAKARTA – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menegaskan bahwa bibit siklon tropis cempaka telah membawa dampak bagi kondisi cuaca di Indonesia, yaitu adanya hujan lebat yang terjadi di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi sampai Papua, gelombang tinggi dan pantai-pantai mengalami pasang air laut.

“Untuk beberapa hari ke depan terjadi peningkatan potensi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah,” ujar Dwikorita seperti dikutip dari lama www.bmkg.go.id.

Potensi hujan lebat disertai angin kencang itu di wilayah berikut:

1. Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep Riau, Bengkuli, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung

2. Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

3 .Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

4. Sulawesi Utara. Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Bagian selatan.

Dwikorita menghimbau agar masayarakat harap mewaspadai potensi genangan, banjir, maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat, terutama di daerah rawan banjir dan longsor; tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir; dan mewaspadai kenaikan tinggi gelombang, dan mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang yang berbahaya bagi kapal berukuran kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper