Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTPN III Akan Percepat Pengembangan Investasi KEK Sei Mangkei

PT Perkebunan Nusantara Holding atau PTPN III menggandeng sejumlah perusahaan pelat merah guna mempercepat pengembangan investasi dan infrastruktur di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatera Utara.
KEK Sei Mangkei di Simalungun, Sumatra Utara./Antara-Muhammad Syafii
KEK Sei Mangkei di Simalungun, Sumatra Utara./Antara-Muhammad Syafii

Bisnis.com, SEI MANGKEI, Sumut -  PT Perkebunan Nusantara Holding atau PTPN III menggandeng sejumlah perusahaan pelat merah guna mempercepat pengembangan investasi dan infrastruktur di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatra Utara.

PTPN III merupakan pengelola KEK Sei Mangkei yang dikhususkan untuk pengembangan industri-industri berbasis agro. Untuk mengakselerasi investasi, PTPN III akan menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan BUMN seperti Pertagas dan PT KA Logistik (Kalog).

Selain itu, Sekretaris Perusahaan PTPN III Holding Furqan Tanzala menyampaikan PTPN III juga akan memperkuat kerja sama dengan Unilever untuk meningkatkan investasinya di KEK Sei Mangkei. Dari hasil rapat koordinasi (Rakor) di tingkat Kemenko Perekonomian, total tujuh kerja sama akan ditempuh PTPN III dengan sejumlah perusahaan untuk mengembangkan KEK Sei Mangkei.

"Kami mengharapkan penandatanganan perjanjian dan MOU ini dapat semakin mempercepat perkembangan investasi dan pembangunan infrastruktur di KEK Sei Mangkei," jelas Furqan melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (28/11/2017).

Furqan merincikan penandatanganan perjanjian kerja sama dan Nota Kesepahaman (MOU) antara PTPN III dan mitranya tersebut terdiri dari :

1.Perjanjian Kerjasama Penyaluran Gas Bumi di KEK Sei Mangkei antara PTPN III (Persero) dan PT Pertamina Gas (Pertagas)

2. Perjanjian Jual Beli Gas antara PTPN III (Persero) dan Pertagas Niaga

3. Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Dry Port antara PTPN III (Persero) dan PT Kereta Api Logistik (KALOG)

4. Perjanjian Penggunaan Lahan antara PTPN III (Persero) dan PT Alternatif Protein Indonesia

5. Nota Kesepahaman (MOU) antara PTPN III (Persero) dan PT All Cosmos Indonesia (Calo investor pembangunan pabrik bio fertilizer)

6. Nota Kesepahaman (MOU) antara PT Industri Nabati Lestari (PT INL) dan PT Unilever Oleochemical Indonesia (Pembeli Stearin & PFAD)

7. Nota Kesepahaman (MOU) antara PT INL dan PT Unilever Trading Indonesia (Pembelian Stearin & PFAD.

Furqan menambahkan realisasi investasi pembangunan infrastruktur dan industri di KEK Sei Mangkei sampai saat ini sudah mencapai Rp3,99 triliun. Tingkat penggunaan lahan (Occupation Rate) di KEK Sei Mangkei saat ini seluas 212 hektare atau setara 10,96% dari total luas lahan KEK Sei Mangkei 1.933,80 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper