Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Desa Jeringo NTB kini Bisa Nikmati Listrik

Penantian masyarakat Desa Puncak Jeringo untuk bisa menikmati aliran listrik terjawab. PT PLN (Persero) telah mengalirkan listrik hingga desa yang berada di kaki Gunung Rinjani tersebut.
Ilustrasi/JIBI-Rachman
Ilustrasi/JIBI-Rachman

Kabar24.com, MATARAM -- Penantian masyarakat Desa Puncak Jeringo untuk bisa menikmati aliran listrik terjawab. PT PLN (Persero) telah mengalirkan listrik hingga desa yang berada di kaki Gunung Rinjani tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Desa Puncak Jeringo, Hariyanto, menyampaikan kegembiraannya karena warganya saat ini sudah merasakan manfaat aliran listrik.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena listrik di desa kami telah menyala. Saat ini kalau malam kami tidak lagi gelap, kecelakaan di jalan desa saya yakin juga akan berkurang. Anak-anak juga bisa belajar malam, kalau dulu harus pakai lampu minyak,”ujar Hariyanto, Jumat (10/11/2017).

Dari pusat Kota Mataram, desa ini berjarak sekitar 95 kilometer, bisa ditempuh melalui jalur darat selama tiga jam. Diakhir perjalanan, jalan ke desa ini cukup terjal dan berbatu.

Sulitnya medan inilah yang membuat PLN baru bisa menyambungkan aliran listrik untuk masyarakat setempat.

“Tanah di Puncak Jeringo ini isinya batu, jadi ketika menggali pun sangat sulit. Apalagi medan ke sini berat, tanjakan belum beraspal. Ketika hujan, akan semakin sulit.Dalam satu hari, paling petugas hanya bisa menyelesaikan satu atau dua tiang.” ujar Manajer PLN Rayon Pringgabaya, Firmansyah.

Untuk melistriki Desa Puncak Jeringo, PLN telah membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 3,79 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3,31 kms, dan dua gardu distribusi masing-masing berkapasitas 50 kilo Volt Ampere (kVA).

Firmansyah menambahkan, dari hasil pendataan, saat ini terdapat sekitar 250 KK yang belum terlistriki. Meskipun demikian PLN telah menyatakan kesiapannya untuk menyambungkan listrik untuk seluruh warga Desa Puncak Jeringo.

“Banyak dari warga yang ingin melakukan penyambungan, namun menunggu hasil panen. Tapi dari sisi kesiapan jaringan dan pasokan daya, PLN siap," ujar Firmansyah.

General Manager PLN Wilayah NTB, Mukhtar menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur kelistrikan di Desa Puncak Jeringo dilakukan melalui Program Listrik Desa.

“Ini merupakan komitmen PLN untuk menerangi seluruh negeri. Kami berusaha untuk terus meningkatkan rasio elektrifikasi dan mewujudkan Nusa Terang Benderang. Saat ini, Puncak Jeringo sudah terlistriki, dusun atau desa terpencil lainnya,” ujar Mukhtar.

Hingga September 2017, rasio elektrifikasi di Provinsi NTB telah mencapai 82,79%, dari target tahun 2017 sebesar 80%.

Untuk meningkatkan rasio elektrifikasi, pada tahun 2018, melalui program listrik desa, PLN berencana melistriki 77 dusun yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Harapannya, pada tahun 2020 rasio elektrifikasi telah mencapai 100%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper