Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Pembangunan Waduk Bulango Ulu Gorontalo Mulai Disosialisaikan

Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Balai Wilayah Sungai Sulawesi II mulai melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat terkait rencana pembangunan waduk Bulango Ulu.
Gubernur Gorontalo terpilih Rusli Habibie (kanan)/Antara-Adiwinata Solihin
Gubernur Gorontalo terpilih Rusli Habibie (kanan)/Antara-Adiwinata Solihin

Bisnis.com, MANADO -- Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Balai Wilayah Sungai Sulawesi II mulai melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat terkait rencana pembangunan waduk Bulango Ulu.

Pendekatan dalam bentuk pra sosialisasi ini dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, unsur Forkopimda, Wabub Bone Bolango, anggota DPRD, bersama puluhan masyrakat Bulango Ulu.

Berdasarkan keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Kamis (26/10/2017), kegiatan pra sosialisasi tersebut berlangsung dengan suasana yang tegang.

Warga Bulango Hulu tegas menyatakan menolak karena tidak pernah diberi informasi yang jelas tentang rencana pembangun waduk oleh BWS Sulawesi II sebagai instansi teknis pelaksana pekerjaan.

Gubernur Rusli Habibie yang hadir pada forum tersebut langsung turun tangan untuk menenangkan warga dan memberi penjelasan secara rinci.

“Untuk itu kenapa malam ini kami dari pihak pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten Bone Bolango, mengadakan rapat dan mengundang bapak ibu sekalian sebagai masyarakat yang berlokasi di wilayah waduk Bulango Ulu. Saya minta pihak BWS menjelaskan sejelas jelasnya apa ini waduk, bagaimana pembangunannya, apa manfaat dan yang paling penting bagaimana nasib warga di Bulango Ulu nanti,” kata Rusli dalam sambutannya.

Warga yang hadir rata-rata mempersoalkan sikap BWS yang dinilai tertutup terkait rencana pembangunan waduk.

Selain data penggunaan lahan yang berubah ubah, warga setempat juga mengeluhkan tentang tidak adanya penjelasan mengenai mekanisme ganti rugi warga yang akan berdampak.

“Jadi pembangunan ini baru pada tahap Amdal. Untuk menjawab bagaimana proses ganti rugi ada yang namanya Larap (studi pengadaan tanah). Setiap meter tanah bapak/ibu yang terkena pembangunan akan diganti. Begitu juga dengan rumah, pohon, sawah, kebun dll. Bahkan untuk tunjangan juga semua akan diperhitungkan,” jelas Rusli.

Gubernur meminta semua pihak agar tetap tenang menyikapi rencana pembangunan waduk ini. Menurutnya, pembangunan waduk Bulango Ulu wajib untuk didukung karena sudah menjadi program strategis nasional.

Selain itu, manfaat dari waduk sangat besar yakni untuk mencegah banjir, sistim pengairan sawah dan manfaat lainnya.

Pembangunan waduk Bulango Ulu merupakan satu dari 245 proyek yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.58/2017.

Waduk yang menjadi satu dari 49 waduk nasional ini rencananya akan menelan lahan warga seluas lebih dari 6000 hektar dengan 1900 warga Bulango Ulu yang akan terdampak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper