Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Sumpah Pemuda: FTUI Untuk Negeri Digelar

Dalam rangka memperingati Dies Natalies ke-53, sekaligus memanfaatkan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, Fakultas Tehnik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan Ikatan Alumni Fakultas Teknik UI (ILUNI UI) menyelenggarakan kegiatan dengan tema FTUI Untuk Negeri dari tanggal 27 - 29 Oktober 2017.

Kabar24.com, JAKARTA - Dalam rangka memperingati Dies Natalies ke-53, sekaligus memanfaatkan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, Fakultas Tehnik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan "Ikatan Alumni Fakultas Teknik UI" (ILUNI UI) menyelenggarakan kegiatan dengan tema "FTUI Untuk Negeri" dari tanggal 27 - 29 Oktober 2017.

Event "FTUI Untuk Negeri" tersebut akan ditandai dengan berbagai rangkaian kegiatan dan acara, yang secara garis besar akan terdiri dari "Pameran Hasil Karya FTUI", "Talkshow FTUI Untuk Negeri", "Penganugerahan FTUI Award", dan Reuni.

Ketua ILUNI FTUI, Teten Derichar dalam siaran persnya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan "FTUI Untuk Negeri" ini selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada tanah air atas berbagai pencapaian dan prestasi yang telah dicapai FTUI hingga saat ini, juga merupakan bagian dari komitmen FTUI untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat luas pada umumnya mengenai pentingnya pengembangan "teknologi" dan "inovasi" untuk kemajuan bangsa. Melalui kegiatan ini, juga diharapkan akan meningkatkan minat generasi muda terhadap teknologi dan profesi perekayasa (engineer).

Pada hari pembukaan, tanggal 27 Oktober akan ditampilkan "Pameran Hasil Karya FTUI", dimana lebih dari 50 karya berbagai penelitian dari tujuh departemen FTUI akan dipamerkan kepada masyarakat. Selanjutnya akan dilaksanakan talkshow dengan tema "Inovasi Produk Berbasiskan Kekayaan Alam".

Pada hari kedua, FTUI akan melakukan penganugerahan "Lifetime Engineering Dedication Award" kepada Presiden RI ke-3, Prof Dr-Ing BJ Habibie, yang telah mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Prof Dr-Ing Habibie bersama Menristekdikti, Prof H Muhamad Natsir Phd, Rektor UI, Prof Dr M Anis, dan Dekan FTUI, Prof Dr Dedi Priadi juga akan tampil sebagai pembicara dalam talk show dengan tema "Teknik Untuk Negeri".

Sebagai bagian dari rangkaian acara, pada hari ketiga akan dilaksanakan pembahasan mengenai "Mobil Listrik Solusi Energi dan Lingkungan" dengan nara sumber antara lain Menteri Perhubungan, Ir Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI, Dr Anies Baswedan, Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, Dr Ir Andy N Sommeng, Direktur Operasional TransJakarta, Daud Joseph S.T, dan Direktur Institut Transportasi, Ir Milatia Kusuma MBA Msc.

Event "FTUI Untuk Negeri" ini juga akan ditandai dengan beberapa acara dan aktivitas seperti lomba mewarnai gambar teknik, klinik arsitektur, dan reuni serta peluncuran buku "5 Dekade Alumni FTUI".

FTUI adalah salah satu fakultas terbesar di Universitas Indonesia yang memiliki 12 program studi S1, 7 program studi S2, dan 7 program studi S3 dalam 7 departemen, yaitu : teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, teknik metalurgi dan material, arsitektur, teknik kimia, dan teknik industri.

Setiap tahun, FTUI mendidik lebih kurang 5600 mahasiswa, didukung para pengajar tetap, diantaranya 126 doktor dan 55 profesor berkualifikasi internasional. Sejak resmi berdiri pada tanggal 17 Juli 1964, FTUI telah meluluskan lebih dari 25.000 sarjana S1, S2, dan S3 yang saat ini mengabdikan profesinya di dalam maupun di luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper