Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SOM-MABIMS 2017: Indonesia Tuan Rumah, Agenda Penyelasaran Halal

Indonesia menjadi tuan rumah Senior Official Meeting (SOM) Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) ke-42 yang akan berlangsung di Yogyakarta pada 25-28 Oktober 2017.
Logo restoran halal/Istimewa
Logo restoran halal/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-Indonesia menjadi tuan rumah Senior Official Meeting (SOM) Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) ke-42 yang akan berlangsung di Yogyakarta pada 25-28 Oktober 2017.

Kegiatan tahunan dengan peserta para pejabat setingkat Sekretaris Jenderal dari 4 negara anggota MABIMS tersebut pada tahun lalu diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri, Gunaryo, mengatakan SOM MABIMS ke-42 bertema Penanggulangan ekstremisme melalui teknologi informasi akan membahas berbagai bidang untuk memperkuat kerja sama.

“Dalam forum akan dipaparkan sejumlah makalah antara lain meningkatkan modal insan umat Islam, memperluas peranan MABIMS ke dunia luar, menyelaras rukyah dan takwim Islam, dan memperkasa penyelarasan halal,” katanya, Selasa (24/10/2017).

Dia dalam situs resmi Kementerian Agama juga menjelaskan dalam SOM MABIMS ke-42 akan dilakukan pembentangan laporan bidang kerja sama terkait sejumlah bidang yaitu Memperkasa kehidupan beragama oleh delegasi Brunei Darussalam.

Selanjutnya negara Indonesia memaparkan laporan berjudul Membangun potensi belia dan utusan Malaysia mengenai Meningkatkan taraf hidup umat Islam yang memerlukan.

Sementara itu Sekjen Kementerian Agama, Nur Syam, meminta kepada panitia penyelenggara SOM MABIMS ke-42 untuk memberikan kesan terbaik kepada para delegasi pertemua 4 negara tersebut.

“Satu hal yang ingin saya tekankan, berikan mereka kesan yang baik, bahwa SOM di Indonesia sukses. Oleh karena itu keterlibatan fisik dan spiritual menjadi penting,” ujarnya.

Menurutnya, delegasi SOM Indonesia akan diwakili antara lain Sekjen Kemenag, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Dirjen Bimas Islam, Kabalitbang dan Diklat, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper