Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Basarnas Gelar Rakor Tingkatkan Kerjasama Potensi SAR

Basarnas menggelar Rapat Koordinasi SAR Nasional Tahun 2017 sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kerjasama antara Basarnas dengan potensi-potensi SAR yang ada.
Ilustrasi: Helikopter Basarnas/twiter-@SAR-Bandung
Ilustrasi: Helikopter Basarnas/twiter-@SAR-Bandung

Kabar24.com, JAKARTA -Basarnas menggelar Rapat Koordinasi SAR Nasional Tahun 2017 sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kerjasama antara Basarnas dengan potensi-potensi SAR yang ada.

"Dengan segala keterbatasan, basarnas tidak dapat bekerja sendirian, oleh karenanya dibutuhkan dukungan dari potensi-potensi SAR yang ada, baik dari unsur TNI/Polri, pemda, relawan masyarakat dan swasta.” Demikian diungkapkan Kepala Basarnas Marsda TNI M Syaugi saat membuka Rakor SAR Nasional di Jakarta, seperti dilansir dari siaran persnya Selasa (24/10/2017).

Menurut M Syaugi, antara potensi-potensi SAR yang ada diperlukan implementasi dan sering melakukan latihan-latihan bersama agar terbiasa dalam menghadapi kejadian-kejadian bencana maupun kecelakaan, sehingga pola dan tindakan sesuai dengan fungsi masing akan lebih efektif, cepat dan tepat dalam penanganan pencarian dan pertolongan.

“UU No 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan mewajibkan negara harus hadir, dalam hal ini Basarnas bertanggung jawab melakukan pencarian n pertolongan didukung oleh seluruh potensi sar, basarnas sebagai leading sektor sekaligus bertanggung jawab dalam sektor pencarian dan pertolongan.”tambahnya.

M Syaugi menjelaskan, memasuki musim hujan saat ini dituntut kesiapsiagaan dan kewaspadaan semaksimal mungkin serta sinergi yang baik antara seluruh potensi SAR.

"Profesionalisme dan juga teknologi juga menjadi kunci memberikan pelayanan yang baik, karena kerja Basarna juga diatur dalan Undang-undang maka dalam waktu dekat Basarnas akan mendirikan 4 kantor baru di Maumere, Banten, Mentawai dan Natuna untuk melengkapi 34 kantor yang ada diseluruh Indonesia.” Jelas M Syaugi.

Dia menambahkan, bahwa tidak lupa peran yang sangat penting dari media massa dalam memberikan informasi terkait pertolongan dan pencarian kepada masyarakat, sehingga mampu membentuk dan menyatukan pola polir dan pola tindak segingga hasilnya memenuihi harapan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper