Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenristekdikti Gelar Inovator Inovasi Indonesia Expo di Surabaya

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2017 di Grand City Convex, Surabaya (19/10/2017).
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/4)./Antara-Wahyu Putro A
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/4)./Antara-Wahyu Putro A

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2017 di Grand City Convex, Surabaya (19/10/2017).

"Pameran I3E ini bertujuan memperkenalkan dan memperlihatkan pada masyarakat luas bahwa Indonesia memiliki startup yang mampu menghasilkan produk-produk bermutu dan berdaya saing,” tutur Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat membuka pameran ini dalam keterangan tertulis, Kamis (19/10/2017).

Menristekdikti mengungkapkan bahwa perhelatan ini juga bertujuan menumbuhkan iklim yang kondusif bagi pengembangan inovasi di tanah air. Lebih penting lagi, karya inovasi harus dipertemukan dengan dunia bisnis agar memberi nilai tambah dan menjaga kesinambungan inovasi.

Tanpa kolaborasi dengan bisnis, karya inovasi hanya akan dicatat di laboratorium atau kampus tanpa memberi manfaat nyata bagi masyarakat maupun inovatornya.

Ekshibisi yang diikuti 457 startup inovasi teknologi ini dimaksudkan untuk mempromosikan produk inovasi anak bangsa, sehingga masyarakat Indonesia tidak hanya menjadi konsumen produk impor, tetapi mampu menghasilkan produk-produk inovatif yang tidak kalah bersaing dengan produk-produk negara lain.

Pameran I3E juga merupakan upaya hilirisasi serta komersialisasi hasil riset dan pengembangan dari para inovator, baik dari perguruan tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang), maupun masyarakat luas.

Beberapa startup inovasi yang ikut pameran ini telah sukses mengomersialkan produknya di pasar, misalnya Produk Magic Ring, yang merupakan produk penghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk sepeda motor, dan mampu mengurangi gas beracun pada kendaraan bermotor.

Produk Isolated Ground Shield Wire yang merupakan produk sistem proteksi petir untuk jaringan transmisi dan distribusi tenaga listrik; dan Aplikasi youthmanual.com yang merupakan platform persiapan kuliah serta karier online berbasis data, didukung teknologi "people science" yang dapat membantu siswa dalam merancang maupun mempersiapkan masa depan mereka.

Pameran ini juga bisa menjadi wahana strategis yang menjembatani produk-produk yang siap komersil dari para startup dengan para investor yang tertarik untuk berinvestasi, memproduksi dan memasarkan produk, serta memperkenalkan produk inovasi kepada para pembeli potensial yang berkunjung di pameran.

Selain pameran, selama empat hari hingga Minggu 22 Oktober mendatang, peserta mendapat kesempatan meningkatkan kapasitas dan menggali kesempatan berbisnis. Selama pameran, diadakan seminar dan talk show, diantaranya mengenai branding, online marketing, paten dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), standar mutu, serta strategi menembus pasar ritel modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper