Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Kepala Daerah Ziarah ke Makam Bung Karno

Empat kepala daerah di Jawa Timur berziarah ke makam proklamator dan Presiden pertama Ir Sukarno (Bung Karno) di Blitar, Rabu (18/10).

Kabar24.com, JAKARTA - Empat kepala daerah di Jawa Timur berziarah ke makam proklamator dan Presiden pertama Ir Sukarno (Bung Karno) di Blitar, Rabu (18/10).

Mereka adalah Bupati Banyuwangi  Abdullah Azwar Anasa, Walikota Blitar Samanhudi, Bupati Blitar Rijanto, dan Wakil Walikota Blitar Santoso.

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas, mengatakan ini merupakan kunjungan pertama setelah kemarin ditugaskan untuk mengikuti proses politik di Jawa Timur. 

"Penting bagi kita semua untuk menyerap inspirasi dari Bung Karno. Beliau bukan hanya berjasa dalam proses kemerdekaan Indonesia, tapi juga membangun paradigma bagaimana kita seharusnya berpikir sebagai sebuah bangsa," ujar Anas dalam siaran persnya.

Anas menambahkan, Banyuwangi juga mempunyai program "Ziarah Kebangsaan" yang secara berkala memberangkatkan para pelajar untuk berziarah antara lain ke makam Bung Karno.

"Kita ingin anak-anak muda meneladani Bung Karno. Itu menjadi bekal untuk membentuk sikap berkebangsaan, menjadikan mereka sebagai anak muda yang siap menjaga negeri kita sebagai rumah yang ramah bagi kemajemukan," papar Anas.

Usai dari makam Bung Karno, Anas meluncur ke kediaman Wakil Bupati Blitar yang juga ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar, Marhaenis Urip Widodo. Keduanya menggelar pertemuan tertutup bersama Ketua DPRD Blitar Suwito Saren dan Ketua Fraksi PDIP DPRD Sugeng Suroso.

Kesempatan di Blitar juga dimanfaatkan Anas untuk mencari masukan dari para tokoh dan kepala daerah. "Seperti program-program Pak Samanhudi ini bagus, beliau punya concern di bidang pendidikan dan ekonomi kerakyatan. Pak Rijanto juga dikenal mampu memajukan ekonomi Blitar. Saya meminta masukan dari beliau berdua, termasuk untuk perbaikan di Banyuwangi. Sinergi antar daerah ini penting untuk menyukseskan agenda Nawacita Presiden Jokowi," ujar Anas.

Walikota Blitar yang juga ketua DPC PDIP Kota Blitar, Samanhudi, menyambut baik kedatangan Anas. Bersama para kader, PDIP Kota Blitar siap menyukseskan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Anas dalam Pilgub Jatim mendatang.

"Kami siap mendukung, dan pasti bekerja secara sistematis untuk mengamankan rekomendasi partai," ujar Samanhudi.

Senada dengan Samanhudi, Rijanto juga menyatakan siap menyukseskan pasangan Gus Ipul-Anas. "Kita bergotong-royong bersama mengawal pasangan ini," ujar Rijanto yang diusung PDIP di Pilkada Blitar.

Marhaenis mengatakan, kader di Blitar satu kesatuan mengamankan rekomendasi partai. "Kita pastikan semua bergerak bersama-sama memenangkan pasangan ini agar program-program kerakyatan yang diamanatkan ke Gus Ipul dan Mas Anas bisa terwujud," ujar Marhaenis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper