Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian Desa-APP Sinar Mas MoU Akselerasi Pembangunan di 100 Desa

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas untuk bekerja sama dalam mengakselerasi pembangunan di lebih dari 100 desa.
Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo (tengah), Saleh Husin, Managing Director Sinar Mas G. Sulistiyanto, Sekretaris Jenderal Kemendes PDDT Anwar Sanusi, dan Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata.
Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo (tengah), Saleh Husin, Managing Director Sinar Mas G. Sulistiyanto, Sekretaris Jenderal Kemendes PDDT Anwar Sanusi, dan Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas untuk bekerja sama dalam mengakselerasi pembangunan di lebih dari 100 desa.

MoU itu bertajuk ‘Program Desa Makmur Peduli Api di Desa Daerah Tertinggal dan Kawasan Transmigrasi’ yang penandatanganannya dilaksanakan di Gedung Utama Kemendes PDTT di Kalibata, Jakarta. Hadir Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto dan Saleh Husin. Ppenandatanganan MoU dilakukan oleh perwakilan Kemendes melalui Sekretaris Jenderal Kemendes PDDT, Anwar Sanusi sebagai pihak pertama dengan Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata sebagai pihak kedua

Kemendes bersama APP Sinar Mas telah memetakan lebih dari 100 desa yang akan disasar dalam kerja sama tersebut, dan merupakan target dari program Kemendes PDTT sekaligus desa yang menjadi program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang digagas oleh APP Sinar Mas.

Dalam sambutannya, Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi niat baik APP Sinar Mas yang turut berkontribusi dan bersinergi dengan program pemerintah yang termaktub dalam program ketiga Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Keterlibatan Sinar Mas menjadi contoh bagi pelaku usaha melalui komitmennya mendukung program pemerintah untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di desa-desa. Melalui sumber daya yang dimiliki Sinar Mas, semoga dapat membantu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat desa,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (18/10/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto menyatakan terdapat titik temu antara kepentingan pemerintah melalui Kemendes dengan komitmen yang dijalankan oleh APP Sinar Mas.

“Problem utama yang dialami bangsa kita, juga di belahan dunia lain saat ini adalah kesenjangan ekonomi. Program yang dijalankan oleh Kementerian Desa ini selaras dengan komitmen kami dalam menyejahterakan masyarakat desa di sekitar wilayah konsesi kami.”

Salah satu point penting MoU mengenai percepatan akselerasi pertumbuhan ekonomi di desa-desa sasaran adalah melalui pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Pendirian BUMDes menurut UU Desa di antaranya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa dengan mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa, serta meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan Pendapatan Asli Desa.

Hal ini sejalan dengan Program DMPA yang digulirkan oleh APP Sinar Mas sejak akhir tahun 2015 yang fokus dalam pemberdayaan masyarakat desa di wilayah konsesi APP yang dikombinasikan dengan upaya pelestarian lingkungan sekitar yang disertakan dengan program pencegahan kebakaran hutan.

Masyarakat diarahkan bercocok tanam tanaman pangan atau beternak untuk konsumsi sendiri atau dijual, yang difasilitasi oleh APP Sinar Mas dari hulu ke hilirnya, mulai penyediaan alat, benih, pendampingan, hingga membantu memasarkan produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper