Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GUNUNG AGUNG: Jika Eupsi, Begini Skenario Penanganan Pemkot Denpasar

Pemkot Denpasar mulai mempersiapkan skenario penanganan pengungsi jangka panjang guna mengantisipasi kemungkinan terburuk Gunung Agung erupsi
Gunung Agung di Karangasem, Bali./Reuters
Gunung Agung di Karangasem, Bali./Reuters

Kabar24.com, DENPASAR--Pemkot Denpasar mulai mempersiapkan skenario penanganan pengungsi jangka panjang guna mengantisipasi kemungkinan terburuk Gunung Agung erupsi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sejumlah organisasi perangkat daerah ( OPD) hingga aparat desa akan dilibatkan dalam menangani pengungsi.

Sekda Denpasar Rai Iswara menekankan penanganan pengungsi di Denpasar secara baik dengan keterlibatan OPD terkait serta tim respona cepat.

Saat ini menurut Rai Iswara penanganan tidak hanya dilakukan pada pelayanan posko terpadu, kesehatan, pendidikan, hingga logistik, melainkan juga melakukan pendataan secara digital.

Hal ini dilakukan lewat aplikasi Pro Denpasar Damamaya Cyber Monitor dengan pendataan riil melibatkan lingkungan banjar, komunitas, desa atau kelurahan, hingga kecamatan.

"Diperlukan kebersamaan seluruh pihak dalam melakukan penanganan pengungsi warga KRB Gunung Agung,'' ujarnya, Jumat (13/10/2017).

Sekda juga mengingatkan pemanfaatan panggilan darurat 112 di Kota Denpasar, serta meningkatkan koordinasi dan komunikasi bersama.

Selain itu, inventarisasi permasalahan yang muncul dapat terus ditingkatkan, serta mengidentifikasi untuk menjadikannya sandaran dalam menentukan kebijakan selanjutnya.

Kadis Kesehatan Kota Denpasar Luh Putu Sri Armini mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi kepada masing-masing dinas dengan persiapan jangka panjang dalam bidang kesehatan.

Menurutnya persiapan dilakukan dari langkah koordinasi beberapa dinas yang didukung puskesmas, 16 rumah sakit dan 21 klinik. Di samping itu langkah ini juga mengantisipasi dalam persiapan tanggap bencanan jika terjadi erupsi Gunung Agung.

Selama ini langkah penanganan kesehatan telah disiapkan dari tingkat puskesmas hingga rumah sakit dengan permasalahan kesehatan infeksi saluran pernafasan yang banyak dialami pengungsi.

Hal ini juga telah dilakukan dengan memberikan imunisasi campak kepada balita pengungsi.

"Kami telah menyiapkan di tingkat kota baik sarana dan prasarana serta personel kesehatan dalam penanganan jika terjadi erupsi Gunung Agung," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper