Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Sumbang 5.000 Senapan Serang dan Jutaan Peluru ke Filipina

Pemerintah Rusia menyumbang 5.000 pucuk senapa serang Kalashnikov dan jutaan peluru kepada Filipina untuk memerangi milisi pro-ISIS, Rabu (11/10/2017).
Pesawat tempur  An OV-10 Bronco melepaskan bom dalam serangan udara terhadap pemberontak kelompok Maute di Kota Marawi Filipina, Selasa (20/6/2017)./Reuters
Pesawat tempur An OV-10 Bronco melepaskan bom dalam serangan udara terhadap pemberontak kelompok Maute di Kota Marawi Filipina, Selasa (20/6/2017)./Reuters

Bisnis.com, MANILA -  Pemerintah Rusia menyumbang 5.000 pucuk senapa serang Kalashnikov dan jutaan peluru kepada Filipina untuk memerangi milisi pro-ISIS, Rabu (11/10/2017).

Hal itu diumumkan langsung oleh  Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Menurut dia,  sikap Rusia itu  untuk mendukung militer negaranya memerangi milisi pro-ISIS, yang  bisa berkumpul kembali dan melakukan serangan "di mana saja dan di mana-mana".

Duterte mengatakan kesepakatan  akan ditandatangani bulan ini. Dalam kesepakatan itu,  Rusia akan menyediakan senapan penyerang  5.000 pucuk. "Kini militer Filipina tidak lagi harus menggunakan senjata-senjata bekas."

"Kita akan punya [senapan] Kalashnikov," katanya saat berpidato di depan para tentara. Namun, kata Duterte,  Rusia ingin agar sumbangan itu dirahasiakan.

Hadiah dari Moskow itu  menambah sumbangan Filipina setelah sebelumnya menerima dari China berupa lebih dari 6.000 senapan penyerang serta 100 senapan penembak jitu.

Rangkaian sumbangan tersebut merupakan hasil upaya Duterte dalam membentuk kemitraan dengan kedua negara kuat pembuat senjata itu, yang merupakan saingan Amerika Serikat.

AS selama berpuluh-puluh tahun menjadi sekutu perjanjian pertahanan Filipina serta sumber utama peralatan militer dan pelatihan. AS telah memberikan peralatan militer senilai US$1 miliar (sekitar Rp13,5 triliun) sejak  2000.

Duterte tidak menutup-nutupi kebenciannya terhadap Washington serta tidak segan melontarkan penghinaan terhadap persekutan militer AS.

Seorang pejabat bidang pertahanan mengatakan kepada Reuters  persenjataan Rusia itu akan tiba pada akhir bulan ini, saat menteri pertahanan Rusia menghadiri pertemuan kawasan.

Senapan-senapan itu akan disertai dengan pemberian dari Moskow berupa jutaan peluru serta puluhan truk tentara.

"Peralatan militer akan diantar menggunakan lima kapal perang Rusia ke Manila," kata sang pejabat. Empat dari lima kapal itu sudah pernah mengunjungi Filipina tahun ini dalam dua waktu berbeda.

Duterte mengatakan militer memerlukan peralatan yang mencukupi untuk dapat menangani orang-orang yang setia kepada ISIS dan telah menancapkan kaki mereka di Mindanao di selatan. "Mereka tidak akan menghilang, mereka akan berkumpul lagi di mana pun dan di mana-mana," kata Duterte.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper