Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Agung: Mulai Muncul Gempa Tremor Non-Harmonik

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mencatat munculnya aktivitas gempa tremor nonharmoni akibat aktivitas vulkanik di Gunung Agung di Karangasem, Bali.
Gunung Agung di Karangasem, Bali./Reuters
Gunung Agung di Karangasem, Bali./Reuters

Kabar24.com, DENPASAR - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mencatat munculnya aktivitas gempa tremor nonharmoni akibat aktivitas vulkanik di Gunung Agung di Karangasem, Bali.

Berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), gempa tremor non harmonik sebanyak 3 kali dengan amplitudo 1.5-4 mm dan berdurasi 80-140 detik. Gempa tersebut muncul saat pemantauan pada pukul 12.00-18.00 Wita.

Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil menjelaskan tremor nonharmoni sering juga disebut Spasmodic Burst atau Spasmodic Tremor, yakni rentetan beberapa gempa vulkanik dimana satu gempa muncul sebelum gempa sebelumnya selesai, secara fisis merefleksikan aliran fluida magmatik (gas, liquid, atau solid).

"Tidak semua tremor seperti ini diikuti letusan kecuali kalau sudah menerus. Manifestasi permukaan bisa hanya berupa pelepasan gas atau asap ke permukaan," katanya memberi penjelasan pada Kamis (12/10/2017).

Selain gempa tremor nonharmoni, tercatat gempa vulkanik dangkal sepanjang 6 jam sebanyak 100 kali, vulkanik dalam 150 kali, dan tektonik lokal 14 kali.

PVMBG masih merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak melakukan aktivitas apa pun di zona perkiraan bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 9 km dari Kawah Puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 12 km.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper