Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Agung Awas : Bali Siapkan Antisipasi dan Layanan Khusus Wisatawan

Skenario penanganan wisatawan yang berada di Bali apabila Gunung Agung erupsi telah disiapkan sejumlah pelaku pariwisata, sehingga tidak ada alasan bagi wisatawan untuk panik bahkan membatalkan kunjungan ke Pulau Dewata.
Wisatawan mancanegara mengabadikan panorama saat matahari tenggelam di dekat Gunung Agung, Bali, Selasa (26/9)./Reuters-Darren Whiteside
Wisatawan mancanegara mengabadikan panorama saat matahari tenggelam di dekat Gunung Agung, Bali, Selasa (26/9)./Reuters-Darren Whiteside

Kabar24.com, DENPASAR—Skenario penanganan wisatawan yang berada di Bali apabila Gunung Agung erupsi telah disiapkan sejumlah pelaku pariwisata, sehingga tidak ada alasan bagi wisatawan untuk panik bahkan membatalkan kunjungan ke Pulau Dewata.

Bentuk skenario itu seperti pemberian diskon harga penginapan, sarana transportasi kepulangan turis dengan menggunakan bus, kapal laut mengantarkan wisatawan ke luar Bali hingga atraksi khusus agar mereka tetap nyaman.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memastikan akan ada simulasi untuk membuktikan bahwa Bali sangat siap apabila Gunung Agung erupsi.

“Jadi sudah skenariokan, akses, jumlahnya, apa yang akan digunakan wisatawan, bagaimana akomodasi, bagaimana atraksinya. Semua persiapan itu terus perbaiki dan termasuk bagaimana berkumpul itu sudah disiapkan. Kami punya disaster recovery plan atau mekanisme untuk para wisatawan agar membuat suasana tetap bagus,” jelasnya usai bertemu pelaku pariwisata di Denpasar, Rabu (11/10/2017).

Arief menjelaskan antisipasi jika bencana erupsi seperti 1963 yang berjalan selama setahun juga telah disiapkan oleh industri pariwisata di bawah naungan Bali Tourism Board (BTB). Termasuk apabila Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai harus ditutup, Menpar memastikan wisatawan tetap bisa menyeberang ke luar daerah melalui pintu-pintu pelabuhan seperti Gilimanuk, dan Padangbai.

Sudah ada sebanyak 700 unit bus yang siap menjamin aksesbilitas wisatawan baik domestik maupun asing jika erupsi terjadi. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan skenario untuk memanfaatkan bandara terdekat.

Arief mengatakan bencana bisa terjadi dimana saja dan atas penyebab apa saja. Dia mencontohkan ledakan bom bisa terjadi di kota seperti London, Paris maupun kota lain di dunia. Karena itu, pihaknya mengharapkan ada empati dari negara-negara lain dengan cara menarik travel advised yang sudah mereka keluarkan.

Apalagi, PVMBG sudah menyatakan wilayah yang tidak aman hanya berada di dalam radius 12 Km dari Gunung Agung. Cakupan daerah itu luasannya hanya 2% dari total luasan Pulau Bali, sehingga objek wisata di Sanur, Kuta bahkan Nusa Dua sangat aman untuk dikunjungi.

“Diharapkan negara sahabat, seperti saya bilang di awal tadi kalau ada orang kena musibah apapun penyebabnya, supaya saling empati dan ini hanya 2% wilayah Bali,” tegasnya.

#Hotel Beri Diskon#

Akomodasi selama turis tinggal di Bali lantaran tidak bisa pulang ke negaranya juga dipastikan aman. Hotel-hotel yang ada di Bali dipastikan akan memberikan biaya murah berupa diskon paling kecil sebanyak 50% untuk turis yang saat itu sedang tinggal di sana.

Bahkan, untuk satu hari pertama jika Gunung Agung erupsi biaya menginap dipastikan gratis.

“Saya secara umum teman-teman hotel rekan-rekan di Bali berani memberikan diskon di angka 50% persen sementara di hari pertama gratis. Itu sudah kita anggarkan,” katanya.

Arief memaparkan akan menyebarkan informasi Bali aman dikunjungi dengan menjadikan wisatawan yang sedang berlibur di sini sebagai penyampai pesan.

Menurutnya, pesan yang disampaikan oleh wisatawan yang langsung di sini, mereka bisa menyebarkan informasi kondisi nyata di destinasi wisata ini masih menyenangkan.

Ketua PHRI Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati memaparkan diskon akan mulai diberikan apabila erupsi sudah terjadi. Komitmen diskon sudah disampaikan oleh Bali Hotel Association (BHA) yang mewadahi hotel bintang lima dan empat.

Menurutnya, pemberian potongan harga tersebut merupakan salah satu kontribusi pelaku hotel terhadap kondisi bencana.

Dia menegaskan semua pihak harus siap untuk saling bahu membahu mengatasi kondisi yang dapat menghalangi pertumbuhan pariwisata di daerah ini. Apabila ada hotel yang enggan memberikan diskon dan justru mengeruk keuntungan saat terjadi bencana, pihaknya akan menyerahkan hal tersebut kepada Pemprov Bali selaku regulator.

“Asosiasi tidak bisa menindak, tetapi mengajak empati semua pihak khususnya pengelola hotel agar saling bekerja sama mengatasi situasi seperti sekarang yang serba tidak pasti,” tuturnya.

Penegasan serupa disampaikan oleh Wakil Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) I Wayan Wijana. Dia mengatakan skenario pemberian atraksi hingga diskon tiket masuk sudah disiapkan agar wisatawan dapat kemudahan selama di Pulau Dewata.

Pemilik usaha Santrian Group Ida Bagus Gede Sidharta Putra mengatakan saat status Awsa Gunung Agung ini pun pihaknya telah mrmberikan harga terbaik akomodasi dengan diskon sekitar 40%.

Jika terjadi erupsi, dia menyebut kisaran 50%-75% potongan khusus untuk tetamu di hotel Griya Santrian, Puri Santrian, ataupun The Royal Santrian.

Potongan harga tersebut terutama memperhitungkan biaya untuk tenaga kerja dan energi sebagai basic cost. Sidharta Putra mengatakan ada variabel dan pertimbangan lain untuk besaran diskon yang akan diberikan kepada tetamu Santrian Group yang sebagian besar merupakan repeater guest.

“Kita ingin tamu-tamu yang loyal ini mendapatkan layanan terbaik, begitu juga kepada wisatawan yang baru datang ,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper