Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penipuan CPNS? Pelaku Ditangkap Polisi

Tim Opsnal Reskrim Polsek Jelutung menangkap seorang pelaku penipuan terhadap calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan lelang kendaraan Pemerintah Kota Jambi dengan kerugian korban mencapai Rp19,6 juta.
Peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS)./Antara
Peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS)./Antara

Bisnis.com, JAMBI -  Tim Opsnal Reskrim Polsek Jelutung menangkap seorang pelaku penipuan terhadap calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan lelang kendaraan Pemerintah Kota Jambi dengan kerugian korban mencapai Rp19,6 juta.

Kapolsek Jelutung AKP Beni Pane mengatakan, kejadian itu bermula pada Jumat, 29 September, saat korban Asep Tito (26) melapor ke Polsek Jelutung. "Dirinya telah ditipu oleh pelaku bernama Saptoni (45), warga Kelurahan Jayapura, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi," ujarnya di Jambi, Selasa (10/10/2017).

Kejadian tersebut berawal pada Jumat 29 september 2017 ketika korban bertemu dengan pelaku dengan menawarkan untuk mencoba melamar CPNS, dan menjamin bahwa korban pasti lulus menjadi PNS, selain itu pelaku juga menawarkan untuk membeli sepeda motor Dinas Pemkot yang siap lelang dengan harga murah.

Setelah mencapai kesepakatan antara kedua pihak akhirnya korban bersedia memberikan sejumlah uang kepada pelaku.

Setelah korban menyerahkan uang kepada pelaku, dan pada akhirnya korban mengetahui dirinya sudah ditipu oleh pelaku, kemudian korban dapat berkomunikasi dengan pelaku dan mengajak bertemu di rumahnya dan pada saat pelaku datang ke rumah korban yang ternyata pihak kepolisian juga ada di rumah korban untuk melakukan penangkapan kepada pelaku.

Saat ini, polisi masih memeriksa korban, pelaku dan saksi serta melengkapi berkas dan sita barang bukti kemudian memulai penyelidikan untuk mengetahui apakah ada pelaku lain dalam kasus itu, tas perbuatanya pelaku terancam dijerat dengan pasal 372 dan 378 KUHP, kata Beny Pane.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper