Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengapa Rohingya Tidak Akan Pernah Diterima di Myanmar?

Mereka harus meninggalkan tempat di mana mereka dilahirkan, tumbuh besar. Tidak ada yang akan melakukannya jika mereka merasa aman.
Aung San Suu Kyi/Reuters
Aung San Suu Kyi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Negara Asia Tenggara tidak asing dengan konflik internal, tapi satu hal yang menyatukan warganya, bahkan dalam menghadapi kecaman internasional, adalah bahwa orang Muslim Rohingya tidak akan pernah memanggil negara mereka rumah.

"Ini adalah hasil penindasan bertahun-tahun, dan ditolak kewarganegaraan dan hak asasi manusia," kata Liu Runcang, seorang sukarelawan di markas Asosiasi Sastra dan Budaya Kokang di Lashio, Myanmar utara. "Syukurlah nenek moyang kita cukup pintar untuk melakukan kesepakatan, jadi kita bisa memiliki kewarganegaraan, kalau tidak kita akan berakhir seperti mereka."

Apakah dia memiliki simpati terhadap lebih dari 421.000 orang Rohingya yang telah melarikan diri ke Bangladesh dan menuduh militer Myanmar melakukan penyiksaan, pembunuhan dan pemerkosaan?

"Tidak juga," kata Liu. "Pada akhirnya, kami orang Myanmese [Myanmar] dan mereka orang luar."

Mengapa Rohingya Tidak Akan Pernah Diterima di Myanmar?

Foto-foto: Reuters

Kokang memiliki populasi 1,3 juta dan mempunyai masalah pengungsi sendiri: diperkirakan 200.000 orang telah mengungsi karena konflik antara militer dan Aliansi Aliansi Demokratik Myanmar, sebuah kelompok pemberontak bersenjata.

Menurut Undang-undang Kewarganegaraan Burma tahun 1982, orang-orang yang didominasi Muslim Myanmar termasuk dalam delapan ras asli: Bamar, Chin, Kachin, Kayin, Kayah, Mon, Rakhine dan Shan, yang terbagi menjadi 135 kelompok etnis yang berbeda. Kokang, seperti Liu, etnis China tapi dikategorikan di bawah Shan. Rohingya, di sisi lain, tidak dihitung di antara 135 kelompok etnis, dan karenanya tidak memiliki hak untuk kewarganegaraan Myanmese.

Ketika Birma, yang kemudian dikenal dengan Myanmar, mendapatkan kemerdekaan dari Inggris, pada 1948, Rohingya juga berpartisipasi dalam kehidupan politik negara tersebut, mendapatkan negara bagian untuk wilayah Rakhine yang pernah dikenal sebagai Arakan, yang mungkin mereka tinggali sejak abad ke-12 - pada tahun 1974. Sebuah tindakan militer yang keras dan brutal terhadap "imigrasi ilegal" pada 1977-78 menyebabkan eksodus massal pertama ke Bangladesh. Banyak Rohingya kembali setahun kemudian hanya untuk dilucuti kewarganegaraan dan status etnis minoritas oleh rezim militer, pada 1982.

Hidup sangat sulit bagi kebanyakan orang Muslim-Muslimis Rohingya asal Indo-Aryan.

Pada 25 Agustus, Arakan Rohingya Salvation Army (Arsa), sebuah kelompok pemberontak Rohingya, menyerang pos polisi dan tentara di negara bagian Rakhine, menewaskan 12 petugas, menurut pemerintah. Arsa telah melakukan serangan serupa pada Oktober yang lalu, setelah pemerintah Myanmar mendeklarasikannya sebagai kelompok teroris, meningkatkan keamanan di Rakhine utara dan mengirim militer untuk melakukan operasi pembersihan "yang kadang mematikan".

Mengapa Rohingya Tidak Akan Pernah Diterima di Myanmar?

Rohingya mulai menyusuri perbatasan dengan Bangladesh, beberapa melintasi ladang ranjau, yang lainnya dikenai sejumlah besar uang oleh penyelundup. Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, Zeid Ra'ad al-Hussein, telah menuduh Myanmar melakukan "pembersihan buku teks terhadap Muslim Rohingya", walaupun sekitar 30.000 anggota etnis lainnya juga telah mengungsi.

Di tengah semakin tegangnya tudingan dari masyarakat internasional, satu orang tetap diam. Aung San Suu Kyi, pemimpin de facto Myanmar, memegangi lidahnya sampai 19 September, saat dia menyampaikan pidato pertamanya mengenai upaya pemerintah menuju perdamaian dan rekonsiliasi. Dia mengatakan bahwa pemerintahannya berkomitmen pada transisi demokrasi, perdamaian dan stabilitas, tetapi menekankan bahwa sulit untuk mencapai banyak kemajuan hanya dalam waktu 18 bulan di kantor.

Dia menyadari bahwa perhatian dunia terfokus pada situasi di negara bagian Rakhine, katanya, tetapi Myanmar tidak takut dengan pengawasan internasional.

Selama pidatonya dan dalam wawancara berikutnya, Suu Kyi tampak benar-benar penasaran untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab eksodus tersebut. Dia menyatakan bahwa lebih dari 50 persen desa Muslim tetap utuh dan meminta masyarakat internasional untuk juga melihat hal-hal positif, dengan mengatakan bahwa pekerjaan baru diciptakan di Rakhine dan semua orang yang tinggal di negara bagian tersebut memiliki akses terhadap layanan pendidikan dan perawatan kesehatan. tanpa diskriminasi. Dia juga meminta pemulangan pengungsi yang telah melarikan diri ke Bangladesh, namun baru setelah mereka menyelesaikan proses verifikasi.

Mengapa Rohingya Tidak Akan Pernah Diterima di Myanmar?

Selama 30 menit pidatonya - yang disiarkan dalam bahasa Inggris, tanpa teks terjemahan - dia tidak menyebutkan nama Rohingya, dia juga tidak berkomentar mengenai pembersihan etnis.

Pendukungnya berkumpul di pusat kota dan rumah untuk menyaksikan pidatonya. Di Yangon tengah, mereka membawa plakat dan spanduk bertuliskan slogan seperti "orang Bengali bukan warga negara Myanmar" dan "Kami akan berdiri di samping Daw Aung San Suu Kyi, kita akan berdiri di pemerintahan kita, kita akan berdiri di depan tentara kita".

Secara keseluruhan, suku Myanma melihat Rohingya sebagai penyusup, dan oleh karena itu menyebut mereka sebagai orang Bengali. Dan sebuah negara yang mencoba mengatasi salah satu perang saudara terpanjang berdiri hampir bersatu dalam satu isu: orang Bengali tidak diterima.

Perasaan itu diilustrasikan dalam sebuah kartun yang telah banyak dibagikan di media sosial: lengan gelap, melambangkan Rohingya, mencapai [masuk] dari balik pintu bertanda "pintu belakang". Beberapa memegang pisau dan mencoba untuk memotong pintu ke bawah. Mencoba menutup pintu adalah seorang tentara, seorang polisi, anggota parlemen, seorang pria berpakaian etnik Shan dan seorang jurnalis dengan kamera besar yang berkeliaran di lehernya.

"Ketika saya berada di DVB Debate [sebuah acara bincang-bincang di televisi], beberapa orang muda Muslim mengatakan bahwa mereka tidak senang dengan hal itu," kata pencipta kartun Mg Mg Phaung Tane, yang telah memproduksi karya satir selama lebih dari 20 tahun.

Mengapa Rohingya Tidak Akan Pernah Diterima di Myanmar?

Muslim (tidak termasuk Rohingya) membentuk hanya 4,3 persen populasi Myanmar, menurut sensus nasional terbaru, yang dilakukan pada bulan Maret 2014.

"Meskipun kita percaya pada agama yang sama, kita berbeda dalam hal ras"
--U Wanna Shwe--

Berbicara setelah peluncuran buku di Yangon, Mg Mg Phaung Tane menolak untuk menggunakan kata "Rohingya", merujuk kepada mereka sebagai "tukang perahu", sebuah istilah yang mendapat dukungan pada Mei 2015, ketika ribuan orang Rohingya, banyak yang telah dipikat oleh penyelundup dengan harapan melarikan diri ke Thailand, Indonesia atau Malaysia, ditinggalkan terdampar di Laut Andaman, sementara pihak berwenang di sekitar wilayah tersebut menolak untuk membawa mereka masuk

"Kami tahu bahwa kita tidak bisa membunuh mereka atau membuangnya ke laut," kata Mg Mg Phaung Tane. "Tapi juga sulit untuk hidup bersama secara damai karena kepercayaan [agama] mereka berbeda dari kita."

U Tin Myint Oo adalah seorang kartunis lain dengan Rohingya dalam pandangannya. Salah satu karyanya menunjukkan seorang pria berpakaian berkuda hitam unta, yang ditandai dengan inisial "INGO" (organisasi non-pemerintah internasional), menuju Rakhine, memegang pedang dan perisai bertuliskan "hak asasi manusia". Biskuit dari Program Pangan Dunia PBB ditemukan pada 30 Juli di sebuah kamp yang dicurigai telah digunakan oleh Arsa, yang menyebabkan tuduhan bahwa kelompok bantuan internasional membantu "teroris" tersebut.

"Orang-orang Bengali telah berada di sini selama bertahun-tahun sekarang, karena Rakhine adalah salah satu cara termudah untuk memasuki negara ini," kata U Tin Myint Oo, yang dirinya merupakan dari negara bagian. "Jika kita memberi mereka kewarganegaraan dan wilayah mereka sendiri, banyak orang Rohingya akan tiba di sini. Menurut saya banyak kelompok hak asasi manusia yang menekan pemerintah, sehingga lebih banyak Rohingya bisa masuk ke negara ini. Oleh karena itu, akan sangat berbahaya untuk memberi mereka kewarganegaraan dan wilayah, sesuai permintaan mereka.

"Bahkan jika kita memberi mereka apa yang mereka minta, konflik akan tumbuh lebih kuat saat populasi mereka meningkat," katanya. "Namun, jika mereka tinggal di sini dengan damai, kita bisa menerimanya sebagai pendatang dengan hak terbatas, seperti hak politik, dan sebagainya. Mereka tidak akan memiliki hak sebagai warga negara tapi mereka bisa tinggal di sini dengan damai. "

Untuk itu, U Tin Myint Oo mengatakan, pemerintah harus bisa memberikan Rohingya pekerjaan dan pendidikan, untuk menghindari konflik di masa depan.

Mengingat kekerasan di utara, bagaimanapun, ketegangan berlangsung tinggi di seluruh Myanmar.

Mengapa Rohingya Tidak Akan Pernah Diterima di Myanmar?

"Semua komunitas Muslim di seluruh negeri kurang lebih menjadi target untuk apa yang terjadi di negara bagian Rakhine. Bahkan kita harus berhati-hati dengan apa yang kita katakan atau lakukan," kata U Wunna Shwe, sekretaris gabungan Dewan Urusan Agama Islam Myanmar. Toko-toko dan rumah-rumah milik orang-orang Muslim dirusak oleh gerombolan di Magway, di Myanmar tengah, pada 10 September, dan dua hari kemudian, seorang pria ditangkap di Yangon karena berteriak: "Apakah ada orang Muslim di jalan ini? Keluar! Aku akan membunuh kalian semua! "

Dan bukan hanya Muslim yang diserang.

Soe Chay, seorang wanita Rakhine, membiarkan rambutnya dipotong oleh gerombolan yang kemudian mengaraknya melalui desanya dengan kardus diplester di lehernya dengan tulisan yang berbunyi: "Saya adalah pengkhianat nasional". Kejahatannya? Memberikan makanan kepada Rohingya.

Berbicara di kantornya di Yangon, U Wunna Shwe mengatakan bahwa pada umumnya ada sedikit interaksi antara Rohingya dan komunitas Muslim lainnya di Myanmar.

"Meski kami percaya pada agama yang sama, kami berbeda dalam hal ras," katanya. Namun, dewannya telah merawat Rohingya di kamp pengungsi Rakhine dan mengatakan bahwa mereka harus diberi kewarganegaraan.

"Rumor dan berita palsu adalah masalah global saat ini, tetapi di negara seperti Myanmar, yang memiliki sejarah konflik antar agama, berita palsu merupakan pemicu yang mudah melahirkan kekerasan dan ketakutan," kata Htaike Htaike Aung, pendiri dan eksekutif direktur Myanmar ICT for Development Organization, sebuah perusahaan nirlaba yang menawarkan pelatihan, terutama di daerah pedesaan dan terpencil, dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

"Setiap komunitas menerima pesan [Facebook] yang berbeda; Umat Buddha menerima pesan untuk memperingatkan mereka agar bersiap menghadapi serangan oleh kaum Muslimin, dan orang-orang Muslim menerima pesan yang memberitahukan mereka [mereka seharusnya mengharapkan serangan]," kata Htaike Htaike Aung. Setelah apa yang dimulai sebagai pesan pribadi di Facebook dibagi secara luas, hampir tidak mungkin untuk melacak sumbernya.

"Pesan seperti ini hanya menimbulkan ketakutan di kalangan orang dan tidak ada bantuan," kata Htaike Htaike Aung. "Ada lebih dari 20 juta orang yang menggunakan Facebook di Myanmar sekarang, sebagian besar pengguna telah memulai dalam dua tahun terakhir. Kemampuan mereka untuk mengenali berita palsu masih sangat terbatas. "

Alih-alih mengandalkan apa yang dilaporkan dan dikabarkan, U Wunna Shwe setuju untuk melakukan tur empat hari yang diselenggarakan pemerintah ke Rakhine utara pada awal September.

"Orang-orang Rakhine tahu bahwa kami [U Wunna Shwe dan seorang kolega] ada di dalam mobil, jadi mereka melemparkan batu ke mobil dan sangat kasar," katanya. "Mereka mencoba menghentikan mobil dan meminta pejabat menyerahkan kami kepada mereka. Ada sekitar 1.000 orang yang melakukan demonstrasi dengan hebat. Itu mengancam jiwa semua orang di dalam mobil. "

Ketakutan yang paling umum adalah bahwa "Muslim akan menyerang tanah kita", kata Tin Maung Than, sekretaris jenderal Dewan Urusan Agama Islam Myanmar.

"Hanya ada 4 persen dari kita di populasi Myanmar - itu selalu 4 persen - bagaimana kita menyerang atau mengambil alih Myanmar dengan populasi kecil seperti itu?"

U Wunna Shwe tidak menganggap pidato Suu Kyi akan berdampak banyak. "Dia sangat berhati-hati dengan kata-katanya dan tidak menyalahkan siapapun atas masalah ini," katanya. "Situasinya sangat rapuh dan kami mencari lebih banyak hasil daripada yang dia katakan."

Tapi dia menunjukkan beberapa kesalahan yang ada dalam pidato tersebut.

Pada akhirnya, kita orang Myanmese dan mereka adalah orang luar
--Liu Runcang--

"Misalnya, banyak anak-anak Rohingya tidak memiliki akses terhadap pendidikan," katanya, dan mereka yang tinggal di kamp internal memerlukan izin khusus untuk pergi, untuk masuk sekolah atau universitas.

Dewannya telah menjadi pendukung kuat Suu Kyi dan yakin dia adalah satu-satunya orang yang bisa membawa perdamaian ke negara tersebut. Ia juga mengakui bahwa, meski posisinya, Suu Kyi tidak sekuat militer.

"Semua ini tidak diciptakan oleh Daw Aung San Suu Kyi dan dia juga tidak bisa menyelesaikannya sendiri," kata U Wunna Shwe. "Dia harus bekerja sama dengan pihak militer, partai lain. Media internasional harus tahu siapa yang harus mereka targetkan, untuk memberikan tekanan. Menyalahkan Daw Aung San Suu Kyi tidak akan menyelesaikan apapun. "

Mengapa Rohingya Tidak Akan Pernah Diterima di Myanmar?

Namun, dia tidak setuju dengan Suu Kyi pada satu persepsi lainnya.

"Lima puluh persen telah pergi karena mereka takut atau berada dalam masalah besar. Sudah jelas seberapa besar masalahnya ketika lebih dari 50 persen orang harus melarikan diri," kata U Wunna Shwe, mengemukakan gagasan yang berbeda mengenai komentar Suu Kyi bahwa separuh dari desa Muslim di Rakhine tetap utuh.

"Mereka harus meninggalkan tempat di mana mereka dilahirkan, tumbuh besar. Tidak ada yang akan melakukannya jika mereka merasa aman."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : scmp.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper