Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi Minta Tambak Milik Rakyat Diberi Sertifikat

Presiden Joko Widodo meminta tambak milik rakyat turut diberi sertifikat guna mengatasi persoalan ketimpangan penguasaan tanah dan akses permodalan.
Ilustrasi: Penyerahan sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi di Salatiga, Jateng,  (25/9)./Kemensetneg
Ilustrasi: Penyerahan sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi di Salatiga, Jateng, (25/9)./Kemensetneg

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo meminta tambak milik rakyat turut diberi sertifikat guna mengatasi persoalan ketimpangan penguasaan tanah dan akses permodalan.

"Agar tambak-tambak rakyat yang ada di Kalimantan Utara itu segera disertifikatkan. Tambak-tambak milik rakyat ini yang harus segera disertifikatkan," ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dalam siaran pers, Jumat (6/10/2017).

Kepala Negara menyampaikan pernyataan tersebut dalam kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Utara dan kembali membagikan 1.422 sertifikat tanah untuk rakyat di halaman Kantor Bupati Bulungan, Kabupaten Bulungan.

Pemerintah, lanjutnya, memberikan perhatian penuh terhadap persoalan ketimpangan penguasaan tanah dan akses terhadap tanah yang dimiliki masyarakat. Mulai dari tanah yang digunakan untuk tempat tinggal, tempat ibadah, lahan pertanian, hingga pertambakan.

Presiden berharap dengan diterbitkannya sertifikat tersebut, sengketa tanah yang sering terjadi di masyarakat dapat diselesaikan dengan baik. Selain itu, masyarakat juga diberi kebebasan untuk memanfaatkan sertifikat sebagai penambah modal usaha maupun hal-hal produktif lainnya.

Mengingat pentingnya fungsi dan manfaat sertifikat tersebut, tak lupa Presiden berpesan kepada masyarakat untuk menjaga dan menyimpan sertifikat yang dimiliki di tempat yang aman.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara tersebut adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper