Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Serapan Anggaran Proyek Strategis di Sulut Baru 41%

Penyerapan anggaran proyek strategis di Provinsi Sulawesi Utara perlu dipacu ekstra keras hingga pengujung tahun ini, pasalnya progres realisasinya hingga akhir September 2017 baru 41%.
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey/Antara-Hafidz Mubarak
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey/Antara-Hafidz Mubarak

Kabar24.com, MANADO - Penyerapan anggaran proyek strategis di Provinsi Sulawesi Utara perlu dipacu ekstra keras hingga pengujung tahun ini, pasalnya progres realisasinya hingga akhir September 2017 baru 41% dari total Rp2,45 triliun.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara Sulaimansyah mengatakan progres realisasi anggaran tersebut juga sedikit lebih rendah dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya yang mampu mencapai sebesar 43%.

"Perlu kerja ekstra keras untuk memacu percepatan penyelesaian proyek-proyek strategis tersebut," ujarnya kepada Bisnis pada Kamis malam (5/10/2017).

Menurutnya dengan sisa waktu 3 bulan, diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh satuan kerja pelaksana proyek tersebut untuk mengendalikan dan mengejar capaian output yang sudah direncanakan dalam DIPA.

"Agar manfaat dari proyek-proyek tersebut dapat segera memberikan dampak bagi masyarakat Sulawesi Utara," tegasnya.

Sulaimansyah menerangkan bahwa saat ini terdapat sekitar 12 macam proyek strategis yang ada di Sulawesi Utara, antara lain pembangunan jalan tol Manado - Bitung, pembangunan dua bendungan, kapasitas bandar udara Siau dan Naha, dan pembangunan banjir kanal.

Anggaran pengelolaan proyek-proyek strategis dengan dana APBN 2017, yang dimaksudkan untuk memacu pertumbuhan ekonomi inklusif di Sulawesi Utara itu mencapai sebesar Rp2.452 miliar atau Rp2,45 triliun.

"Jumlah ini 97% dari total belanja infrastruktur di Sulawesi Utara tahun anggaran 2017 atau 27% dari total belanja APBN," ujarnya.

Menurutnya dengan proyek-proyek strategis itu akan membuka akses konektivitas antar daerah, yang memperlancar arus barang produk pertanian dan industri kecil yang sangat dibutuhkan masyarakat luas.

Dengan demikian, lanjutnya, pada ujungnya diharapkan dapat mengurangi kesenjangan, tingkat kemiskinan, maupun pengangguran di Sulawesi Utara.

Menurutnya, potensi di Sulawesi Utara seperti letak geografis yang sangat strategis, sumber daya alam yang berlimpah, dan pariwisata harus terus dikembangkan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Proyek-proyek strategis ini diharapkan dapat memberikan dampak stimulus bagi pengembangan potensi-potensi tersebut," ujarnya.

Pihaknya mengakui bahwa patut diapresiasi upaya gubernur beserta jajaran pimpinan lainnya untuk terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur yang tepat sasaran di Sulawesi Utara.

Namun demikian, kata Sulaimansyah, memang harus perlu kerja ekstra keras untuk memacu percepatan penyelesaian proyek-proyek strategis tersebut, sehingga dapat mempercepat pembangunan yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara.

Sekda Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen mengakui bahwa saat ini memang masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan bersama-sama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Bumi Nyiur Melambai.

“Sejumlah tantangan akan yang kita urai satu persatu dengan kebijakan-kebijakan baru agar perekonomian Sulut semakin baik, termauk juga bagaimana penyerapan anggaran dari pemerintah pusat yang dialokasikan ke daerah dapat kita maksimalkan,” ujarnya.

Dia juga menegaskan bahwa saat ini sedang mendorong percepatan penyelesaian proyek-proyek strategis nasional yang ada di Sulut, seperti bendungan, jalan tolak Manado - Bitung.

Saat ini, kata dia, masih ada beberapa pembebasan lahan terus berjalan dan pararel sudah mulai dikerjakan konstruksinya juga dan 2018 harus sudah selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper