Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singapura dan Thailand Jalin Kerja Sama Pembayaran Digital

Singapura dan Thailand tengah menjajaki kerja sama untuk menghubungkan sistem pembayaran digital nasional mereka, di tengah upaya kedua negara membatasi penggunaan uang tunai.
Ilustrasi/Lifehacker
Ilustrasi/Lifehacker

Bisnis.com, JAKARTA — Singapura dan Thailand tengah menjajaki kerja sama untuk menghubungkan sistem pembayaran digital nasional mereka, di tengah upaya kedua negara membatasi penggunaan uang tunai.

Kedua negara dalam hal ini berambisi menjadi pelopor dalam mengembangkan sistem pembayaran digital lintas negara di Asia Tenggara. Adapun kerja sama tersebut nantinya akan mempertemukan dua platform pembayaran digital nasional PayNow miliki Singapura dan PromptPay di Thailand.

"Otoritas Moneter Singapura (MAS) dan Bank of Thailand tengah menjajaki kemungkinan untuk menghubungkan kedua platform tersebut. Kami ingin menjadi yang pertama,” kata Naphongthawat Phothikit, Direktur Sistem Pembayaran Bank of Thailand, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (5/10/2017).

Akan tetapi, Naphongthawat menambahkan bahwa kerja sama tersebut saat ini masih berada dalam tahap penjajakan dan diskusi awal. Dia menilai terlalu dini untuk menargetkan kapan kerja sama tersebut terwujud atau mulai dilakukan.

Seperti diketahui, digitalisasi pembayaran dan transaksi keuangan telah menjadi program utama sejumlah negara di Asia. Pasalnya pembayaran digital dipandang lebih efisien dan mudah dilacak daripada uang fisik dan transaksi konvensional.

PayPal Holdings Inc. dalam surveinya mengatakan, untuk saat ini transaksi dengan menggunakan uang fisik masih mendominasi di Asia. Sekitar 57% dari 4.000 konsumen di tujuh pasar Asia masih bergantung pada transaksi tunai dan menggunakan uang fisik.  Sebaliknya, transaksi digital banyak terjadi di Eropa.

Bank of Thailand sendiri telah meluncurkan layanan pembayaran digital nasinonal PromptPay pada Januari 2017. Platform tersebut telah diadopsi oleh seluruh bank nasional. Saat ini, terdapat  24 juta orang yang mendaftarkan diri  atau  setara dengan sepertiga populasi Thailand.

Adapun platform PayNow, yang diperkenalkan oleh asosiasi perbankan Singapura pada Juli 2017, telah memiliki lebih dari 500.000 pendaftar, menurut data dari Otoritas Moneter Singapura (MAS) per 29 Agustus.

Kedua platform tersebut nantinya akan bekerja sama dengan metode transfer dengan memanfaatkan peer-to-peer  melalui bank kedua negara. Kerja sama ini juga memungkinkan pembayaran dilakukan dengan menggunakan telepon seluler penerima atau mengunakan nomor kartu identitas nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper