Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pameran Buku Islam Dorong Umat Cinta Ilmu Pengetahuan

Islamic Book Fair diharapkan dapat memotivasi seluruh umat Islam agar lebih bersemangat membaca buku untuk mencari ilmu pengetahun.
Islamic Book Fair edisi tahun lalu/Islamic Book Fair
Islamic Book Fair edisi tahun lalu/Islamic Book Fair

Kabar24.com, JAKARTA - Pameran buku-buku Islam, Islamic Book Fair (IBF), yang akan diselenggarakan kembali di Jakarta, diharapkan dapat memotivasi seluruh umat Islam agar lebih bersemangat membaca buku untuk mencari ilmu pengetahun.

Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta, Hikmat Kurnia, mengatakan IBF diselenggarakan untuk memberi motivasi seluruh umat Islam, khususnya di Tanah Air, bahwa kemajuan dunia Islam sangat ditentukan oleh ilmu pengetahuan.

“Lihatlah hingga masa Dinasti Abbasiyah, bagaimana Islam begitu maju karena masyarakatnya melek buku, sehingga pada masa itu banyak bermunculan cendekiawan muslim seperti Ibnu Sina, Ibnu Khaldun, Al Farabi, Al-Ghazali,” katanya, Selasa (3/10/2017).

Menurutnya, panitia IBF 2018 menetapkan tema Meraih kejayaan Islam melalui literasi untuk kegiatan pameran buku-buku Islam tersebut dengan harapan dapat motivasi seluruh umat Islam, untuk menguasai ilmu pengetahuan.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana IBF 2018, M. Anis Baswedan, mengatakan rencana IBF diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 18-22 April 2018 akan diikuti sekitar 200-300 peserta, khususnya penerbit buku.

Kegiatan IBF dapat menumbuhkan minat baca masyarakat, sehingga panitia mengajak berpartisipasi sejumlah lembaga pemerintah seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama.

Selanjutnya pihak Kementerian Sosial, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) serta lembaga terkait lainnya untuk turut serta mengikuti pameran buku-buku Islam tersebut..

“Panitia penyelenggara IBF telah menyiapkan berbagai hal untuk menyambut event pameran buku Islam yang terbesar di Tanah Air ini,” ujar direktur Penerbit Akbar Media itu.

Dia berharap jumlah pengunjung IBF 2018 meningkat dari realiasi IBF tahun ini di JCC Senayan selama 5 hari dikunjungi 200.000 orang atau rata-rata 40.000 orang per hari. Jumlah itu lebih kecil dibandingkan dengan IBF 2016 yang digelar selama 10 hari di Istora Senayan dikunjungi sekitar 450.000 orang atau 45.000 orang per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper