Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mesin Pesawat Air France Mati, Mendarat Darurat, Penumpang Selamat

Penerbangan pesawat maskapai Air France dari Paris, Prancis, ke Los Angeles, Amerika Serikat, terpaksa mendadak dialihkan setelah salah satu mesinnya rusak di atas Samudra Atlantik.
Pesawat Air France rusak setelah mendarat darurat di Labrador, Kanada, setelah salah satu mesinnya mati./Twitter
Pesawat Air France rusak setelah mendarat darurat di Labrador, Kanada, setelah salah satu mesinnya mati./Twitter

Kabar24.com, JAKARTA - Penerbangan pesawat maskapai Air France dari Paris, Prancis, ke Los Angeles, Amerika Serikat, terpaksa mendadak dialihkan setelah salah satu mesinnya rusak di atas Samudra Atlantik.

Salah satu dari empat mesin pesawat Airbus A380 dengan nomor penerbangan AF66 itu mulai tidak berfungsi ketika berada di dekat Greenland pada Sabtu waktu setempat (30/9/2017).

Tidak ada yang terluka akibat insiden tersebut, namun penumpang tetap berada di dalam pesawat setelah mendarat pukul 15:42 waktu setempat.

Pesawat tersebut membawa 496 penumpang dan 24 awak pesawat, kata juru bicara Air France sebagaimana dikutip BBC.com pada Minggu (1/10/2017).

David Rehmar, mantan mekanik pesawat terbang sekaligus penumpang dalam penerbangan tersebut, mengatakan berdasarkan pengamatannya, insiden itu disebabkan kerusakan pada kipas angin pada salah satu mesin.

Dia mengatakan ada gerakan mendadak yang diikuti suara nyaring, yang kemudian membuat sebagian penumpang panik.

"Anda mendengar suara 'ledakan' keras dan itu adalah getaran yang membuat saya berpikir mesinnya tidak berfungsi," katanya.

Rehmar mengatakan dia kemudian berpikir beberapa saat sebelum akhirnya berkata "kita harus segera mendarat".

Dia sempat khawatir apakah pesawat dapat terbang dengan stabil setelah satu mesinnya mengalami kerusakan. Tetapi dia kemudian menambahkan bahwa pilot dengan cepat mematikan mesin tersebut.

Terbang tanpa satu mesin yang rusak, pesawat itu terbang dengan mengandalkan tiga mesin lainnya sebelum mendarat darurat di Bandara Goose Bay, di Labrador, Kanada bagian timur, kira-kira 1 jam kemudian.

Foto yang diambil oleh penumpang menunjukkan tempat penampungan atau penutup mesin, hancur total, dan terlihat kerusakan pada permukaan sayap.

Para penumpang tetap berada di dalam pesawat di bandara tersebut, karena bandar udara itu tidak dilengkapi fasilitas untuk pesawat jenis Airbus A380.

Rehmar mengatakan penumpang kemudian diberitahu bahwa dua pesawat Air France 777 sedang dalam perjalanan dari Montreal untuk menjemput mereka.

Namun demikian Rehmar kurang yakin mesin itu rusak akibat ditabrak oleh kawanan burung, karena lokasi terbangnya begitu tinggi.

Berdasarkan pengalamanannya, dia lebih percaya bahwa kerusakan itu akibat kipas gagal menjalankan fungsinya secara benar. Sejauh ini belum diketahui penyebab kegagalan mesin tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Air France hanya mengonfirmasi "kerusakan serius" pada salah-satu mesin dan mengatakan bahwa awak kapal pesawat telah "mampu menangani insiden serius ini dengan sempurna".

Rick Engebretsen, penumpang lainnya, mengatakan kepada BBC bahwa awak pesawat telah bekerja keras dan bekerja begitu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper