Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akreditasi PT Rendah Karena Hanya Fokus Pembelajaran

Rendahnya akreditasi di perguruan tinggi karena perguruan tinggi itu hanya fokus pada salah satu bidang, yakni pembelajaran.
Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan/istimewa
Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan/istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Rendahnya akreditasi di perguruan tinggi karena perguruan tinggi itu hanya fokus pada salah satu bidang, yakni pembelajaran.

"Padahal dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi ada tiga kewajiban, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat," ujar Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan  Agustinus, Kamis (28/9).

Menurutnya, dua komponen lain dalam Tri Dharma tersebut tidak dilaksanakan dengan baik oleh perguruan tinggi.

Dia mengungkapkan hal tersebut terkait dengan sulitnya memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Kami bersyukur bisa meraih akreditasi A pada bulan ini. Untar butuh waktu sekitar setahun memperoleh akreditasi A," ujarnya.

Dia menjelaskan, akreditasi A itu sekaligus menjadi hari ulang tahun (HUT) ke-58 Untar yang akan dirayakan pada Minggu (1/10).

Dengan demikian, Untar menjadi salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) bereputasi nasional yang patut diperhitungkan.

Keputusan akreditasi institusi A untuk Untar tertuang dalam Surat Keputusan (SK) No 3123/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017. Atas pencapaian itu, di masa depan Untar akan menjaga budaya akademik yang sehat di dunia pendidikan tinggi.

"Kami akui, penilaian akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi cukup berat. Ada 101 formulir yang harus diisi, semua itu tergabung dalam tujuh standar," katanya.

Kemudian, penilaian juga terbagi dua hal, yakni evaluasi dan visitasi. Pada saat visitasi, yang tertulis di formulir harus sama, kalau tidak akan mengurangi nilai.

"Untuk sumber daya manusia juga cukup sulit. Misalnya untuk dosen minimal S2 serta ada syarat dosen S3 sekian persen. Hal itu sangat menentukan kualitas pembelajaran," ujarnya.

Selain itu perguruan tinggi lainnya kesulitan dalam hal penelitian yang tentu saja berimbas pada pengabdian pada masyarakat.

Perguruan tinggi swasta di Kopertis III berjumlah 355. Namun yang terakreditasi A hanya sembilan perguruan tinggi, salah satunya adalah Universitas Tarumanagara. Akreditasi perguruan tinggi di Kopertis III lebih banyak didominasi C.

"Kami berusaha mempertahankan akreditasi ini dengan tidak hanya fokus pada pembelajaran, tetapi pengabdian dan penelitian," katanya.

Dia menjelaskan, akreditasi A itu menjadi amanah dalam menjaga kepercayaan publik sehingga menjadi lebih berat untuk terus meningkatkan kualitas akademik.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper