Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tes CPNS Dijamin Tak Ada Celah Kecurangan & Percaloan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Asman Abnur menjamin tidak terdapat celah untuk melakukan kecurangan maupun adanya praktik percaloan dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS.
Menpan RB Asman Abnur (paling kanan) saat meninjau pelaksanaan Tes CPNS 2017 di Kantor Pusat BKN, Selasa (12/9/2017)/ist
Menpan RB Asman Abnur (paling kanan) saat meninjau pelaksanaan Tes CPNS 2017 di Kantor Pusat BKN, Selasa (12/9/2017)/ist

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Asman Abnur menjamin tidak terdapat celah untuk melakukan kecurangan maupun adanya praktik percaloan dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS.

"Dengan sistem yang telah bersama-sama kita bangun, kemudian kita awasi, saya yakin sudah tidak ada celah lagi untuk melakukan kecurangan maupun adanya praktik percaloan," katanya saat melakukan peninjauan pelaksanaan SKD CPNS Kemenkumham 2017 di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Dalam kesempatan tersebut, turut mendampingi Menpan RB antara lain Staf Ahli Bidang Pemerintahan & Otonomi Daerah Shadiq Pasadigoe, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Iwan Hermanto, Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN Nyoman Arsa, dan Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Bambang Sumardiono.

Asman mengaku telah melakukan peninjauan di dua lokasi yakni Denpasar, Bali dan Jakarta. Berdasarkan tinjauan langsung di lapangan, Menpan menjamin tidak ada celah untuk berbuat curang karena telah ditelusuri proses demi proses yang dilalui oleh para peserta.

Dia menyebutkan melihat secara langsung dari proses awal, mulai dari peserta datang ke lokasi, menyerahkan KTP, kemudian dilakukan verifikasi nomor peserta. Selain itu, saat ujian pun hasil dari soal yang dikerjakan oleh para peserta dapat dilihat secara real time. Hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh rangkaian SKD tidak ada celah untuk berbuat curang.

"Saya mengawal dari proses awal, mulai peserta menunjukkan KTP-nya, kemudian petugas memverifikasi nomer ujian peserta. Setelah itu hasil yang dikerjakan para peserta pun dapat langsung dilihat secara real time. Tidak ada kesempatan berbuat curang," katanya.

Dalam kesempatan meninjau jalannya tes CPNS di BKN Pusat, Asman juga melihat jadwal tes para peserta serta mengamati langsung peserta yang tengah melakukan SKD. Termasuk menyempatkan diri melakukan dialog dengan para peserta, untuk kemudian memberikan semangat kepada para peserta agar dapat mengikuti tes dengan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper