Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Info Haji 2017: 453 Jemaah Asal Papua Tiba di Makassar

Sebanyak 453 jemaah haji dari sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Papua yang tergabung dalam Kleter 6 Embarkasi Makassar (UPG-06) tiba di debarkasi haji Makassar.
Jemaah haji Indonesia 2017 tiba kembali di Tanah Air./Kemenag.go.id
Jemaah haji Indonesia 2017 tiba kembali di Tanah Air./Kemenag.go.id

Kabar24.com, JAKARTA - Sebanyak 453 jemaah haji dari sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Papua yang tergabung dalam Kloter 6 Embarkasi Makassar (UPG-06) tiba di debarkasi haji Makassar, Sulawesi Selatan, pada Senin (11/9/2017) pukul 16.18 WIT.

Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi-Debarkasi Makassar, Kaswad Sartono, mengatakan mereka tiba setelah 40 hari melaksanakan proses ibadah haji di Makkah dan Madinah akan beristirahat mengingat di Wisma Raodah Asrama Haji Makassar.

“Jamaah haji asal Papua akan beristirahat dan menginap di Wisma Raodah Asrama Haji sambil menunggu untuk diterbangkan ke Papua besok,” ungkapnya dalam situs resmi Kementerian Agama.

Menurutnya, 453 jemaah Papua itu berasal dari sejumlah kabupaten seperti Pemerintah Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Timika.

Dia menjelaskan dari total jemaah asal Papua, tiga di antaranya masih di Arab Saudi karena sakit yakni Asib bin Kaseng, 73 tahun, dan istrinya Madiana binti Musi, 68 tahun, serta Amin Warido Sogun, 66 tahun, serta dua orang yang ikut pulang dini (tanazul) dalam kloter ini, yaitu jemaah kloter 24 Embarkasi Makassar (UPG 24).

Kedatangan jemaah haji UPG 06 diterima Kakanwil Kemenag Provinsi Papua Janus Pangaribuan serta Kakankemenag Kabupaten Mappi, Kakankemenag Kabupaten Jayawijaya, berikut pembimbing syariah Kanwil Papua dan Kasubag TU Kabupaten Jayapura.

Pangaribuan mengaku bangga karena jemaah UPG-06 mampu menjaga soliditas dan semangat kekeluargaan hingga kembali di Tanah Air.

“UPG 06 ini diisi oleh hampir semua suku di Indonesia. Oleh sebab itu, ini bisa disebut kloter Indonesia mini. Ini juga membuktikan semangat kebangsaan kita masih dijaga dengan baik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper