Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB JABAR 2018 : Survei INES, Deddy Mizwar Teratas

Deddy Mizwar dianggap merupakan calon gubernur yang berpotensi dipilih oleh warga Jawa Barat berdasarkan survei terbaru Indonesia Network Election Survei atau INES.
Deddy Mizwar/Antara
Deddy Mizwar/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Deddy Mizwar dianggap merupakan calon gubernur yang berpotensi dipilih oleh warga Jawa Barat berdasarkan survei terbaru Indonesia Network Election Survei atau INES.

Direktur INES, Sutisna mengatakan, lembaga itu menggelar menggelar riset untuk mengetahui tingkat elektabilitas dari 5 tokoh yang mencuat dalam kontestasi kali ini, yakni Wakil Gubernur Jabar saat ini Deddy Mizwar, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi Demokrat Dede Yusuf, dan Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka.

“Berdasarkan sruvei, Deddy Mizwar memiliki tingkat popularitas yang paling tinggi dengan 79,2% disusul, Rieke Dyah Pitaloka 70,2%, Dede Yusuf 70,1%, Dedi Mulyadi 56,7%, dan Ridwan Kamil 53,8%,” ujarnya, Sabtu (9/9/2017).

Deddy yang merupakan artis perfilman itu juga menenpati urutan teratas tingkat keterpilihan dengan pilihan 82,4% responden yang menganggap dia mampu pimpin Jabar. Disusul Rieke Dyah Pitaloka dengan 75,2%.

“Posisi setelah Ryeke ada Dedi Mulyadi dengan 73,5%, Dede Yusuf 70,7% dan terakhir Ridwan Kamil dengan 67,9%,” lanjutnya.

Untuk tingkat penerimaan, Deddy Mizwar dianggap mampu merangkul dan berdiri diatas semua golongan dengan pilihan responden sebanyak 89,3%, Rieke Dyah Pitaloka 70,2%, Dede Yusuf 68,2%, Dedi Mulyadi 67,4% dan Ridwan Kamil 64,3%.

“Para responden juga ditanya tentang tokoh yang mereka anggap paling berintegritas dengan indikatornya adalah bermoral, satu dalam kata dan perbuatan, bersih dari cacat moral, etik dan hukum,” ucap Sutisna.

Lagi-lagi, lanjutnya, Deddy Mizwar dinilai sebagai tokoh yang paling berintegritas dengan raihan 89,3%. Selanjutnya Dedi Mulyadi 71,2%, Dede Yusuf 69,4%, Rieke Dyah Pitaloka 67,2%, serta Ridwan Kamil dengan 65,2% %.

Survei ini dilakukan pada 19 -30 Agustus lalu, meliputi 27 kabupaten/kota di Jawa barat dan melibatkan 1.985 responden yang dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling. Mereka adalah warga Jabar yang telah mempunyai hak pilih. Untuk perbandingan, DPT Pilpres 2014 lalu sebanyak 33.045.101 penduduk.

“Margin of error dari survei ini lebih kurang 2,2% dengan tingkat kepercayaan 95%,” pungkas Sutisna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper