Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layari Gorontalo-Surabaya, Meratus Bantu Distribusi Produk Gorontalo

Pemerintah Provinsi Gorontalo sangat menyambut baik dengan dibukanya pelayaran perdana yang dilayani oleh Meratus Line dengan rute Gorontalo-Surabaya.
Pelabuhan Anggrek di Gorontalo/Pelabuhan.hol.es
Pelabuhan Anggrek di Gorontalo/Pelabuhan.hol.es

Kabar24.com, MANADO - Pemerintah Provinsi Gorontalo sangat menyambut baik dengan dibukanya pelayaran perdana yang dilayani oleh Meratus Line dengan rute Pelabuhan Anggrek di Gorontalo ke Tanjung Perak di Surabaya dan sebaliknya.

Pasalnya, melalui pelayaran perdana yang telah diresmikan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim pada Kamis (7/9/2017), di Pelabuhan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara itu akan semakin meningkatkan pertumbuhan perekonomian Gorontalo mengingat akses pemasaran hasil produksi dari Gorontalo menuju luar daerah akan semakin mudah.

"Dengan adanya rute ini akan membangkitkan semangat dan sangat bermanfaat bagi masyarakat maupun Pemerintah Gorontalo yang dampaknya Provinsi Gorontalo bisa sejajar dengan provinsi lain,” kata Idris optimis, seperti keterangan resmi yang dikutip Binis, Jumat (8/9).

Menurutnya, dengan semakin banyaknya pelayaran dan pengapalan cargo dari Gorontalo, akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo.

“Masyarakat akan semakin mudah memasarkan hasil pertanian, perkebunan, perikanan, dan produk-produk lainnya ke luar Gorontalo, sehingga pendapatan dan kesejahteraan pun meningkat,” kata Wagub.

Sejalan dengan pelayaran Meratus Gorontalo - Surabaya tersebut, Idris mengungkapkan bahwa Pemprov Gorontalo berkomitmen terus berupaya untuk meningkatkan infrastruktur dasar kebutuhan masyarakat, termasuk transportasi.

Menurutnya, perbaikan dan peningkatan sektor infrastruktur transportasi, akan menjamin kelancaran arus barang, jasa, dan orang, baik dari maupun menuju Provinsi Gorontalo.

Pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak perusahaan Meratus yang telah membuka rute pelayaran di Gorontalo, dan berharap sinergitas antara pemerintah dengan perusahaan swasta maupun mitra bisnis itu terus ditingkatkan.

“Pemprov Gorontalo terus memacu pembangunan infrastruktur untuk menunjang kegiatan dan pertumbuhan ekonomo Gorontalo. Tentunya kami sangat membutuhkan peran dari berbagai pihak, termasuk sektor swasta, sehingga percepatan pembangunan di daerah ini bisa terealisasi,” kata Idris.

Sementara itu Direktur Meratus Line, Budi MR menjelaskan bahwa KM Meratus Gorontalo - Surabaya akan melayani rute pengapalan cargo dari Gorontalo ke pulau Jawa, maupun sebaliknya dari Jawa menuju Gorontalo.

Pihaknya akan mengoperasikan 3 kapal dengan kapasitas muatan sebesar 11 ribu ton dan jadwal pelayaran setiap minggu., KM. Meratus yang baru dilaunching itu melayani rute Gorontalo- Surabaya - Jakarta dengan kapasitas kontainer/peti kemas hingga 800 buah. "Kapal ini bisa memuat sampai 13.000 ton per satu kali muatan," ujarnya.

Meratus merupakan perusahaan pelayaran Indonesia yang menyediakan solusi transportasi laut. Jaringan rute pelayaran kapal-kapal Meratus menghubungkan pelabuhan-pelabuhan utama dan pelabuhan-pelabuhan perdagangan di nusantara.

Lebih lanjut, Budi mengatakan bahwa KM. Meratus Gorontalo - Surabaya itu juga akan melayani rute Gorontalo-Jakarta untuk pengiriman jagung. Kapalnya memiliki kapasitas 800 kontainer, lebih besar dari kapasitas kapal-kapal Meratus lainnya yang hanya mampu mengangkut 600 kontainer.

“Dibukanya rute langsung ke Jakarta, tentunya akan meningkatkan nilai tambah yang bisa diperoleh masyarakat Gorontalo, karena harganya yang lebih kompetitif. Tidak hanya muatan kering yang kami layani, tetapi muatan berpendingin seperti ikan beku juga dilayani oleh KM Meratus Gorontalo,” kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper