Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa 8 SR Berpotensi Tsunami Guncang Meksiko, Warga Panik

Gempa berkekuatan 8 Skala Richter (SR) berpotensi tsunami mengguncang pantai selatan Meksiko pada Kamis (7/9) waktu setempat.
Ilustrasi gempa/pixabay.com
Ilustrasi gempa/pixabay.com

Kabar24.com, JAKARTA – Gempa berkekuatan 8 Skala Richter (SR) berpotensi tsunami mengguncang pantai selatan Meksiko pada Kamis (7/9/2017) waktu setempat.

Efek gempa bumi dikabarkan menyebabkan sejumlah bangunan tergoncang dan para warga berhamburan dengan panik ke jalan-jalan sejauh mungkin.

“Pusat gempa sekitar 165 kilometer (102 mil) barat Tapachula di wilayah selatan negara bagian Chiapas tidak jauh dari Guatemala. Kedalamannya mencapai 35 kilometer (22 mil),” jelas badan survey geologi Amerika Serikat (AS), US Geological Survey, seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (8/9/2017).

Sistem Peringatan Tsunami AS menginformasikan potensi gelombang tsunami yang berbahaya di pesisir pantai Pasifik beberapa negara Amerika Tengah dalam beberapa jam ke depan.

Negara-negara tersebut yakni Meksiko, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Honduras, dan Ekuador,

“Tidak ada ancaman tsunami untuk Pantai Barat AS,” terang US Tsunami Warning System.

Sejumlah pejabat perlindungan sipil dilaporkan memeriksakan kerusakan di Chiapas. Kuatnya goncangan yang disebabkan gempa tersebut membuat penduduk Mexico City yang berjarak sekitar 1.000 kilometer dari Chiapas keluar dari gedung apartemen dengan piyama mereka.

Sekitar tengah malam, sejumlah bangunan bergoyang kuat selama lebih dari satu menit. Beberapa helikopter digambarkan mengudara di atas Mexico City dengan lampu sorot.

Sementara itu, penerangan di beberapa sudut kota masih terlihat menyala, sedangkan sudut lainnya tetap dalam kegelapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper