Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Mataram Luncurkan Smart City

Kota Mataram telah meluncurkan konsep Smart City bertepatan dengan HUT ke-24 pada 31 Agustus lalu. Kendati demikian, pemanfaatan Smart City tersebut harus dioptimalkan di kalangan OPD Kota Mataram.
Sebagian sudut kota tua Ampenan, di Mataram, NTB/Istimewa
Sebagian sudut kota tua Ampenan, di Mataram, NTB/Istimewa

Bisnis.com, MATARAM -- Kota Mataram telah meluncurkan konsep Smart City bertepatan dengan HUT ke-24 pada 31 Agustus lalu. Kendati demikian, pemanfaatan Smart City tersebut harus dioptimalkan di kalangan OPD Kota Mataram.

Sekretaris Daerah Kota Mataram Effendi Eko Saswito mengatakan dengan konsep smart city diharapkan OPD Kota Mataram bisa lebih cepat dalam merespon dan memberikan layanan kepada masyarakat.

Pemerintah Kota Mataram akan memberikan fasilitas android bagi para pimpinan OPD lingkup Kota Mataram secara bertahap. Sampai dengan tahun anggaran 2018 mendatang, semua pimpinan OPD, Camat, dan Lurah akan mendapat fasilitas android, dan diharapkan dapat memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan terkait Mataram Smart City tersebut secara tepat.

“Selain harus bisa mengoperasikan aplikasi androidnya, OPD terkait juga harus segera menyiapkan langkah-langkah penanganan," ujar Effendi seperti dikutip Bisnis.com dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Selasa (5/9/2017).

Aplikasi Mataramku Lapor lanjut Effendi, merupakan satu bagian dari program Mataram Smart City berupa aplikasi berbasis android untuk pengaduan online terpadu. Aplikasi tersebut dipasang di ponsel milik masyarakat agar dapat melaporkan secara langsung terkait permasalahan yang ada di seputar Kota Mataram.

Begitu diunggah melalui aplikasi tersebut, laporan dapat langsung ditanggapi oleh OPD terkait sehingga proses penanganan menjadi jauh lebih cepat.

Selain itu masih ada layanan lain dari program Mataram Smart City, seperti pemasangan CCTV di beberapa titik untuk pengawasan sampah di TPA dan lalu lintas, Command Center.

Pemkot juga akan menyiapkan koneksi intenet bagi masyarakat dan beberapa layanan lain. Keseluruhan layanan tersebut diawasi secara langsung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram melalui aplikasi berbasis android serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper