Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap Perang, Korut Diam-diam Pindahkan Peluncur Rudal Antarbenua Ke Pantai Barat

Korea Utara kian mendekati perang nuklir setelah pagi ini secara diam-diam memindahkan sebuah roket peluncur rudal balistik antarbenua (ICBM) ke kawasan pantai.
Rudal Hwasong-10 Korea Utara./Reuters
Rudal Hwasong-10 Korea Utara./Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Korea Utara kian mendekati perang nuklir setelah pagi ini secara diam-diam memindahkan sebuah roket peluncur rudal balistik antarbenua (ICBM) ke kawasan pantai.

Satu sumber menyebutkan negara itu memindahkan apa yang disebut sebagai ICBM menuju kawasan pantai barat dalam suasana gelap, menurut Asia Business Daily sebagaimana dikutip mirror.co.uk, Selasa (5/9).

Roket itu mulai bergerak kemarin, sehari setelah uji coba nuklir keenam dan terpantau bergerak pada malam hari guna menghindari pemantauan, menurut laporan tersebut. Korut sendiri telah memindahkan sejumalh fasilitas untuk program nuklir ke pantai barat negara itu.

Sementara itu, kementerian pertahanan Korea Selatan menyatakan pihaknya belum bisa mengonfirmasi isi laporan tersebut. Kementerian itu menyatakan kemarin bahwa Korut siap untuk meluncurkan lebih banyak rudal, termasuk ICBM pada waktu yang tidak ditentukan.

Tindakan provokatif itu terjadi pada saat Duta Besar As untuk PBB menyatakan bahwa pemimpin Korut, Kim Jong-un "menantang untuk perang". “Perang tidak pernah diinginkan oleh AS. Kami tidak menginginkannya sekarang. Akan tetapi kesabaran negara kami bukan tidak terbatas dan kami akan membela wilayah kami dan para sekutu kami,” ujar Haley.

Menurutnya, AS akan melihat setiap negara yang berbisnis dengan Korut adalah negara yang ikut membantu niat gila negara itu untuk mengembangkan senjata nuklir. Pernyataan itu merujuk pada China dan Rusia yang selama ini menjalin hubungan bisnis dengan Korut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper