Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFO HAJI 2017: Menag Protes Jumlah Tenda di Mina Tak Memadai

Kementerian Agama akan mempertanyakan kepada pihak Muassasah Asia Tenggara dan Maktab Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi terkait kondisi tenda di Mina yang tidak ditambah jumlahnya.
Tenda Mina/Antara-Prasetyo Utomo
Tenda Mina/Antara-Prasetyo Utomo

Bisnis.com, JAKARTA-Kementerian Agama akan mempertanyakan kepada pihak Muassasah Asia Tenggara dan Maktab Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi terkait kondisi tenda di Mina yang tidak ditambah jumlahnya sehingga jamaah yang ditampungnya melebihi kapasitas.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, selaku Amirul Haj Indonesia, mengatakan peningakatan jumlah jamaah haji sebanyak 52.200 orang dari total jamah haji Indonesia pada tahun lalu tidak diantisipasi dengan menambah jumlah tenda secara signifikan.

“Kapasitas tenda di Mina tidak mengalami penambahan yang signifikan. Akibatnya, terjadi pemadatan jemaah. Kami akan menyampaikan protes resmi kepada Muassasah dan Maktab, karena tidak sesuai harapan terkait tenda, khususnya di Mina,” katanya, Minggu (3/9/2017).

Menurutnya, sebagai solusi atas padatnya penghuni tenda di Mina tersebut bagi jamaah yang hotelnya di sekitar jamarat dianjurkan untuk kembali ke hotel masing-masing setelah melontar jumrah. Sehingga, tenda yang ada di Mina bisa dimanfaatkan oleh jemaah haji yang lain.

Dalam situs resmi Kementerian Agama, Menag juga menjelaskan sebagian besar jemaah haji Indonesia saat ini tengah berada di Mina untuk menjalani mabit (menginap).

Bagi jamaah yang mengambil nafar awal (menginap di Mina pada 10-12 Zulhijjah) harus sudah keluar dari Mina pada 3 September 2017 sebelum terbenamnya matahari.

Sedangkan bagi yang mengambil nafar tsani menambah satu hari menginap di Mina sampai 13 Zulhijjah/4 September 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper