Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Protes Kantor Diplomatiknya di Washington Digeledah

Rusia memanggil diplomat tinggi Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (2/9) di Moskow untuk memprotes penggeledahan yang menurut mereka direncanakan pejabat AS di sebuah fasilitas diplomatik di Washington yang akan ditutup.
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters

Kabar24.com, MOSKOW - Rusia memanggil diplomat tinggi Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (2/9) di Moskow untuk memprotes penggeledahan yang menurut mereka direncanakan pejabat AS di sebuah fasilitas diplomatik di Washington yang akan ditutup.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa mereka memanggil pelaksana tugas kepala misi AS Anthony Godfrey dan menyerahkan "nota protes mengenai niat otoritas-otoritas Amerika melakukan penggeledahan" di satu kantor perwakilan perdagangan Rusia.

"Kami menganggap penggeledahan ilegal terencana di kantor diplomatik Rusia tanpa kehadiran pejabat Rusia dan penerobosan pintu depan sebagai tindakan agresif yang belum pernah terjadi" menurut pernyataan kementerian yang dikutip AFP.

"Itu bisa dimanfaatkan dinas intelijen AS untuk mengatur provokasi anti-Rusia yang melibatkan penanaman materi-materi mencurigakan."

Fasilitas perdagangan di Washington itu merupakan satu dari tiga bangunan diplomatik -- yang meliputi konsulat di San Francisco dan sebuah kantor di New York -- yang diperintahkan AS untuk ditutup Moskow pada Sabtu.

Kementerian Luar Negeri Rusia pada Jumat menuduh agen intelijen AS berencana menggeledah konsulat di San Francisco.

Asap hitam mengepul dari cerobong konsulat pada Jumat dan pemadam kebakaran mengondirmasi penghuninya membakar objek yang tidak teridentifikasi.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan asap itu merupakan dampak kegiatan "pemeliharaan gedung" yang dilakukan karena para pejabatnya bersiap pergi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper