Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

50 Gerai Alfamart di Kota Manado Tak Berizin

Sebanyak 50 gerai retail modern milik PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola jaringan ritel Alfamart yang berdiri disejumlah titik di Kota Manado tidak memiliki izin.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis,com,MANADO - Sebanyak 50 gerai retail modern milik PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola jaringan ritel Alfamart yang berdiri disejumlah titik di Kota Manado tidak memiliki izin.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan di sela-sela menerima bantuan satu unit dump truk dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, di Kantor Walikota Manado, Kamis (31/8/2017).

"Menurut data yang ada di kami (Pemerintah Kota Manado), khusus untuk di Kota Manado jumlah gerai Alfamart sampai saat ini mencapai sebanyak 57. Tapi dari yang lalu itu 50-nya belum memiliki izin dan yang 7 sudah," ungkapnya.

Pihaknya sangat menyayangkan hal tersebut. Pasalnya, Pemkot Manado sangat terbuka dengan kehadiran para investor yang ingin menginvestasikan modalnya. Namun demikian diharapkan semua dilakukan dengan melalui proses perizinan seperti yang sudah ditentukan.

"Kami pastikan kami sangat terbuka dengan adanya investor yang ingin berinvestasi di Kota Manado. Tentu kami akan sangat menyambut dengan baik, tetapi  semua harus melalui  prosedur yang seharusnya, termasuk perizinan," tegasnya.

Bahkan, apabila semua diselesaikan sesuai perizinan yang semestinya, pihaknya menjanjikan  Pemkot Manado akan membantu menyelesaikan proses perizinan tersebut dengan cepat. "Kalau semua persyaratan sudah dipenuhi dalam pengurusan izinnya tentu kami akan bantu dengan penyelesaian yang sangat cepat," ujarnya.

Namun demikian, untuk saat ini pihaknya menyatakan tidak akan memberikan izin (moratorium) pendirian gerai baru retail modern di Kota Manado, baik Alfamart, Alfamidi, Indomaret dan lainnya.

Pasalnya, saat ini kehadiran retail modern di Kota Manado sudah sangat masif dan mulai mengkhawatirkan mematikan toko toko lokal yang ada.

"Kita akan tahan untuk pendiriannya yang baru, sambil kita lihat perkembangannya ke depan sesuai pemetaan yang dilakukan. Jangan sampai menumpuk di satu wilayah, tentu akan berpengaruh kepada yang tradisional. Yang lama saja sudah banyak sekali. Kalau yang bukan retail modern dan lokal satu atau dua saja yang baru sudah tidak apa-apa," tuturnya.

Pihaknya pun berharap bagi perusahaan yang mengelola gerai retail modern dan masih memiliki kewajiban pengurusan perizinan dari yang sudah berdiri saat ini agar dapat segera menyelesaikannya.

"Kami berterimakasih pada kesempatan kali ini kedatangan Direksi Alfamart dari Jakarta, yang sudah menyatakan kesediaannya untuk mengurus segala ketentuan dan perizinan yang berlaku dalam hal pendirian Alfamart di Kota Manado," ujarnya.

Corporrate Affair Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Solihin usai menyerahkan satu unit dump truk kepada Sekertaris Daerah Kota Manado Rum DJ Usulu yang disaksikan Wakil Wali Kota Manado Moor Bastiaan di Kantor Walikota Manado, di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (31/8) juga mengamini hal tersebut.

Solihin menyatakan bahwa memang perlu dibangun sinergi dan komunikasi yang lebih baik antara pihak swasta dengan pemerintah kota.

Apalagi saat ini tourisme sedang digalakkan di Kota Manado sehingga menjadi pejuang besar bagi banyak investor termasuk kehadiran retail modern.

Pasalnya, kehadiran Alfamart selain turut mendukung geliat perekonomian di Kota Manado juga secara tidak langsung membantu dalam penyerapan tenaga kerja lokal setempat.

"Kami harap kehadiran Allfamart dapat berkontribusi terhadap Kota Manado baik dalam hal peningaktan perekonomian maupun penyerapan tenaga kerja," ujarnya.

//Dump Truk//

Sementara itu, pada sisi lain, guna membantu mengatasi permasalahan sampah di Kota Manado, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, memberikan sumbangan sebuah kendaraan satu unit dump truk kepada Pemkot Manado, Provinsi Sulawesi Utara..

"Kali ini kami membantu, pemerintah Kota Manado satu unit dump truk, untuk memudahkan petugas mengangkut sampah," ujarnya.

Menurutnya pemberian satu unit dump truk itu sebagai salah satu bentuk dari kepedulian pengelola jaringan ritel Alfamart itu dalam rangka mendukung program pemerintah Kota Manado di bidang kebersihan.

Selain dump truk, pihaknya juga melakukan sejumlah kegiatan sosial di Kota Manado sebagai bentuk upaya membangun sinergi yang baik tersebut.

"Salah satu bentuk sinergitas perusahaan dengan pemerintah adalah turut mendukung program pemerintah," kata Solihin.

Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi dukungan Alfamart kepada pemerintah Kota Manado. Pasalnya, dengan bantuan satu unit dump truk tersebut tentu akan semakin membantu jajarannya dalam menciptakan kebersihan kota.

"Kami berterima kasih, karena Alfamart turut ambil bagian dalam kebersihan kota. Sumbangan yang diberikan akan dimanfaatkan untuk mengangkut sampah," ujarnya.

Karena, kata dia, selain membantu perekonomian tentu kehadiran Alfamart turut menyumbang sampah dari produk yang dikonsumsi masyarakat di Kota Manado.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper