Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IDULADHA : Ini Pesan Jimly Asshiddiqie untuk Umat Muslim

Khatib Profesor Jimly Asshiddiqie mengajak umat Muslim untuk menguasai bidang perekonomian secara seimbang.
Jimly Asshiddiqie/icmijabar
Jimly Asshiddiqie/icmijabar

Kabar24.com, JAKARTA - Khatib Profesor Jimly Asshiddiqie mengajak umat Muslim untuk menguasai bidang perekonomian secara seimbang.

"Pembangunan bangsa Indonesia tidak boleh lagi hanya mengandalkan kuantitas, tetapi juga kualitas, baik kualitas sumber daya manusia dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan kualitas iman takwa serta kualitas penguasaan di bidang sumber-sumber ekonomi secara seimbang," kata Jimly Asshiddiqie saat menyampaikan khotbah serangkaian Salat Iduladha, di Lapangan Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Jumat (1/9/2017).

Jimly mengatakan, jumlah penduduk Muslim di negeri ini sebanyak 87 persen dari 250 juta jiwa dan menempatkan Indonesia dewasa ini sebagai negeri berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di Dunia.

Akan tetapi, penguasaan di bidang perekonomian sebaliknya justru minoritas.

"Dari daftar 100 orang terkaya di Indonesia, yang beragama Islam hanya sekitar 20 persen saja," kata Jimly.

Karena itu semua Masjid di seluruh Indonesia jangan melupakan dakwah di bidang ekonomi.

"Saatnya masjid memberikan dakwah lebih banyak di bidang ekonomi dan bisnis. Dakwah di bidang ekonomi dan bisnis ini juga mulia karena mampu menggerakkan perekonomian umat," kata dia.

Jimly mengatakan, dunia usaha sangat penting bagi Islam. Dalam sejarah sudah terbukti, peradaban Islam di seluruh dunia berkembang karena peranan dunia usaha.

Para pedagang Arablah yang pertama kali menyebarkan Islam ke seluruh dunia dengan dukungan pedagang Persia, pada pedagang bangsa Swahili, Afrika hitam, menjadikan Afrika sebagai Benua Islam sampai ke Spanyol.

"Para pedagang Arab dan Gujatan India berhasil mengukuhkan Islam di Asia Tengah, sampai dengan para pedagang Turki menerobos sampai ke kawasan Eropa Timur," tutur Jimly.

Bahkan, Islam berkembang di masa Rasulullah adalah juga karena peranan Siti Khadijah yang bersama-sama Rasulullah adalah keluarga pedagang.

"Keluarga nabi bersama Siti Khadijah inilah yang harus dicontoh, yaitu berdakwah melalui kegiatan bisnis," ujar Jimly.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper