Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sasar Pasar Ekspor, Pemkot Padang Minta UMKM Makanan Tingkatkan Kualitas Kemasan

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah meminta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk produk makanan meningkatkan kualitas kemasan agar mampu bersaing dengan produk makanan dari luar.
Ilustrasi/Antara-Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi/Antara-Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, PADANG—Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah meminta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk produk makanan meningkatkan kualitas kemasan agar mampu bersaing dengan produk makanan dari luar.

Menurutnya, makanan lokal hasil olahan industri UMKM di Padang memiliki kualitas rasa yang teruji, namun lemah dalam pengemasan.

“Kalau untuk rasa tidak perlu khawatir, sudah terjamin. Tinggal bagaimana meningkatkan kemasan produknya,” kata Mahyeldi, Selasa (29/8/2017).

Menurutnya, agar mampu menembus pasar dan bersaing secara luas, tidak hanya soal kualitas rasa dari produk yang dihasilkan yang menjadi prioritas, tetapi juga kemasannya yang menarik dan berkualitas bagus.

Mahyeldi menceritakan saat kunjungan kerja ke China dirinya mendapatkan bingkisan dari pemerintah setempat. Bungkusnya yang bagus dan menarik membuat dirinya ingin menenteng terus hingga sampai Tanah Air.

Sampai di rumah, imbuh Mahyeldi, ketika dibuka di dalamnya ada 4 buah kaleng. Kaleng tersebut juga tampak menarik, dan membukanya juga sulit karena menggunakan magnet. Setelah dibuka, isinya hanya teh.

“Kotaknya bagus, tentu saya ingin terus bawa hingga sampai Padang. Ini contoh bagaimana kemasan produk bisa menarik hati orang,” ujarnya.

Mahyeldi mengajak pelaku UMKM meningkatkan kreatifitas dan menghasilkan produk bermutu dengan nilai tambah, sehingga bisa pula meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Padang Yunisman mengatakan lembaganya akan membantu memfasilitasi pengembangan UMKM, termasuk pembinaan untuk meningkatkan kualitas produk.

“Kami membantu UMKM mulai dari pembinaan hingga membantu pemasaran juga,” katanya.

Dia menyebutkan pemerintah mendorong produk UMKM Sumbar mencapai pasar yang lebih luas. Apalagi, Walikota Padang sudah menegaskan untuk membawa produk UMKM berorientasi ekspor.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper