Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPI Tegur Tayangan Trans TV karena Banyak Adegan Bulliying Remaja

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memberikan peringatan terhadap program siaran Best Friend Forever di Trans TV pada 8-13 Agustus 2017 karena melanggar aturan tentang perlindungan anak dan remaja.
Komisi Penyiaran Indonesia
Komisi Penyiaran Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA-Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memberikan peringatan terhadap program siaran Best Friend Forever di Trans TV pada 8-13 Agustus 2017 karena melanggar aturan tentang perlindungan anak dan remaja.

Program siaran itu dinilai KPI Pusat tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak dan remaja, program siaran tentang lingkungan pendidikan serta penggolongan program siaran yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Demikian isi surat peringatan KPI Pusat terhadap siaran Trans TV yang ditandatangani Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis, pada 25 Agustus 2017, sebagaimana yang dilansir situs resmi KPI Pusat pada Selasa (28/8/2017).

Yuliandre dalam surat tersebut menyatakan, program siaran Best Friend Forever banyak menampilkan adegan bullying, perilaku teror, serta menampilkan cara berpakaian yang tidak sesuai etika yang berlaku di lingkungan pendidikan.

“KPI Pusat menilai muatan-muatan demikian tidak sesuai dengan program siaran berklasifikasi R (remaja). Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan,” katanya.

Berdasarkan Standar Program Siaran (SPS) KPI, Pasal 37 Ayat (1) dan (2), program siaran dengan klasifikasi R seharusnya mengandung muatan, gaya penceritaan dan tampilan yang sesuai perkembangan psikologis remaja, serta berisikan nilai-nilai pendidikan, ilmu pengetahuan, sosial budaya, dan budi pekerti.

Surat peringatan tersebut merupakan bagian dari pengawasan KPI Pusat terhadap pelaksanaan peraturan serta P3 dan SPS oleh lembaga penyiaran, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang No.32/2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran).

“Ke depan, Trans TV diharapkan senantiasa menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai pedoman dalam penayangan program siarannya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper