Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baznas Gandeng Lotte Himpun Dana ZIS Dari Konsumen

Baznas bekerja sama dengan PT Lotte Shopping Indonesia menghimpun dana dari masyarakat untuk membantu pengembangan UKM.
Lotte/Reuters-Kim Hong^Ji
Lotte/Reuters-Kim Hong^Ji

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan PT Lotte Shopping Indonesia, pengelola pusat perkulakan Lotte Grosir, menghimpun dana dari masyarakat untuk membantu pengembangan usaha kecil menengah.

Masyarakat pelanggan Lotte Grosir dapat berpartisipasi membantu pengembangan UKM dengan berdonasi melalui kasir, yang selanjutnya dana yang terkumpul itu setiap bulan diserahkan ke Baznas untuk program tersebut.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan kerja sama tersebut sebagai salah satu bentuk partisipasi pengusaha dan masyarakat melalui Baznas untuk membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

“Sebagaimana zakat yang wajib ditunaikan kaum muslim, maka infak dengan cara kreatif seperti ini pun sangat bermanfaat bagi mustahik yang melakukan usaha kecil dan menengah,” katanya pada Jumat (25/8/2017).

Menurutnya, Baznas memiliki beberapa program ekonomi untuk mustahik, pihak yang berhak menerima dana zakat, infak dan sedekah (ZIS), di antaranya melalui program terpadu Zakat Community Development (ZCD).

Program terpadu ZCD mayoritas untuk pemberdayaan berupa upaya peningkatan ekonomi mustahik. Pemberdayaan dilakukan berdasar potensi alam dan masyarakat setempat sehingga dapat dirasakan manfaat sebesar-besarnya.

“Dengan menggunakan dana zakat, infak dan sedekah, saat ini ZCD dilaksanakan di puluhan desa di berbagai daerah, dengan penerima ratusan ribu manfaat,” ujarnya.

Sementara itu President Director PT Lotte Shopping Indonesia, Joseph Buntaran, sebelumnya mengatakan pelanggan Lotte Grosir dapat berpartisipasi dalam pemberian bantuan dengan berdonasi melalui kasir.

“Donasi yang terkumpul setiap bulannya akan disalurkan oleh Lotte Grosir ke Baznas untuk kemudian digunakan bagi program bantuan dan pendampingan usaha para mustahik,” ujarnhya.

Buntaran menjelaskan para pelanggan dapat menikmati layanan donasi tersebut di 28 titik gerai Lotte Grosir yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper