Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia, Malaysia dan Thailand Bahas Produk Halal

Forum kerja sama tiga negara, Indonesia, Malaysia dan Thailand, tengah membahas upaya penguatasn layanan produk halal di wilayah Asean dan peningkatan ekonomi yang saling menguntungkan
Produk makan dan minuman harus mencantumkan label halal di kemasannya./JIBI
Produk makan dan minuman harus mencantumkan label halal di kemasannya./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Forum kerja sama tiga negara, Indonesia, Malaysia dan Thailand, tengah membahas upaya penguatasn layanan produk halal di wilayah Asean dan peningkatan ekonomi yang saling menguntungkan

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Forum merupakan momen strategis membangun aliansi antara 3 negara dalam rangka memperkuat kerjasama pembangunan layanan produk halal di wilayah Asean.

“Sekaligus dapat dijadikan jembatan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan,” katanya saat membuka resmi Working Group of Halal Product Services (WG-Hapas) dalam Forum Kerja Sama Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Jakarta, Senin (14/08/2017).

Menurutnya, Kemenag mengapresiasi pelaksanaan WG-Hapas yang mengingat jaminan produk halal menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat global saat  ini. Karena halal sekarang tidak hanya milik masyarakat Muslim, melainkan telah menjadi kebutuhan banyak lapisan masyarakat.

Dia menjelaskan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle dapat menjadi forum kerja sama yang bertujuan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi negara anggota, agar terjadi pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“IMT-GT hadir sebagai segitiga pertumbuhan klasik, ditandai dengan saling melengkapi ekonomi, kedekatan geografis dan hubungan sejarah, budaya dan linguistik,” ujarnya sebagaiman dikutip dari situs resmi Kemenag hari ini.

Lukman mengatakan kawasan IMT-GT mempunyai potensi sangat besar di berbagai bidang sehingga pengelolaan yang serius dari tiga negara anggota akan menjadi sebuah magnet pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan.

Sementara itu Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halak (BPJPH) Kemenag, Sukoso, menjelaskan dari forum itu diharapkan ada tindaklanjut kerj asama ketiga negara karena ada beberapa hal yang dibutuhkan sinkronisasi antara tiga negara yang terkait dengan penyelenggaraan jaminan produk halal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper