Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENDAFTARAN CPNS 2017: Pelamar Membeludak, Persaingan Untuk Lulus Sangat Ketat

Tingkat persaingan dalam mengisi formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dua kementerian/lembaga yakni Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM dengan jumlah formasi sebanyak 19.210 orang, bakal sangat ketat lantaran banyaknya calon pelamar yang mengajukan aplikasi surat lamaran secara online melalui portal resmi pendaftaran, https://sscn.bkn.go.id.
Ilustrasi/Bisnis-Yusran Yunus
Ilustrasi/Bisnis-Yusran Yunus

Kabar24.com, JAKARTA - Tingkat persaingan dalam mengisi formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dua kementerian/lembaga yakni Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM dengan jumlah formasi sebanyak 19.210 orang, bakal sangat ketat lantaran banyaknya calon pelamar yang mengajukan aplikasi surat lamaran secara online melalui portal resmi pendaftaran, https://sscn.bkn.go.id.

Adapun rincian formasi untuk kedua instansi tersebut yakni Kemenkumham 17.962 orang dan MA 1.684 orang.  Dari kuota CPNS untuk Kemenkumham sebanyak 17.962 kursi tersebut, 14.000 diantaranya untuk jabatan penjaga Lapas atau sipir dan 2.278 analis keimigrasian.

Sampai dengan hari ke-9 pendaftaran pada 9 Agustus pukul 17.12 WIB, total pelamar telah mencapai 512.144 orang dengan rincian 496.134 pelamar di Kemenkumham dan pelamar di MA sebanyak 16.010 orang.

Berdasarkan update Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagaimana dikutip dari laman bkn.go.id, tingkat persaingan sangat ketat bakal terjadi di 3 jabatan dalam formasi CPNS Kemenkumham lantaran jumlah peminatnya berbanding jauh dengan kuota formasi yang disediakan oleh pemerintah.

Ke-3 jabatan itu yakni Penjaga Tahanan dengan jumlah pelamar sebanyak 290.809 orang dengan jumlah formasi hanya 13.720 orang, Analis Keimigrasian 73.780 pelamar dengan formasi tersedia hanya 2.049 orang dan Pemeriksa Paten Pertama sebanyak 14.462 orang dari formasi yang disediakan hanya 13 orang.

Selain itu untuk jabatan Penjaga Tahanan formasi khusus bagi putra/putri terbaik Papua, jumlah pelamar sementara mencapai 4.093 dari jumlah kuota formasi 280. Analis Keimigrasian Pertama formasi lulusan terbaik sudah mencapai jumlah pelamar 3.318 dari jumlah formasi 229. Sementara untuk jabatan Pemeriksa Paten Pertama formasi lulusan terbaik mencapai angka pelamar sebanyak 612 dari kuota formasi hanya ada 2 orang.

Angka peminat pada ketiga jabatan tersebut akan terus bergerak mengingat pendaftaran online lewat portal SSCN BKN berlangsung hingga 31 Agustus 2017 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper