Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inklusi Kesadaran Pajak: 3.800 Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Pajak Bertutur

Ada 3.800 pelajar dan mahasiswa dari 34 sekolah dan perguruan tinggi mendapatkan edukasi pajak dalam kegiatan sosialisasi bertajuk Pajak Bertutur yang digelar oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatra Utara I.
Petugas pajak melayani warga yang mengikuti program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) di Kantor Direktorat Jendral Pajak, Jakarta, Jum'at (31/3)./Antara-Atika Fauziyyah
Petugas pajak melayani warga yang mengikuti program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) di Kantor Direktorat Jendral Pajak, Jakarta, Jum'at (31/3)./Antara-Atika Fauziyyah

Bisnis.com, MEDAN - Ada 3.800 pelajar dan mahasiswa dari 34 sekolah dan perguruan tinggi mendapatkan edukasi pajak dalam kegiatan sosialisasi bertajuk Pajak Bertutur yang digelar oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatra Utara I.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatra Utara I, Mukhtar mengatakan kegiatan Pajak Bertutur ini dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa, sehingga mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pajak. Melalui kegiatan ini, Ditjen Pajak juga berharap kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak juga semakin meningkat.

"Kegiatan ini akan kami lakukan secara kontinu. Harapannya kami dapat menanamkan nilai-nilai kesadaran pajak kepada peserta didik," kata Mukhtar seusai kegiatan Pajak Bertutur di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatra Utara, Jumat (11/8/2017).

Dia menjelaskan kegiatan Pajak Bertutur ini dilaksanakan oleh pegawai di lingkungan Kanwil DJP Sumatra Utara I sebagai pengajar. Ada 34 sekolah dan 4 perguruan tinggi tersebut berada di Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang.

"Ini merupakan Bagian upaya kami meningkatkan kepatuhan masyarakat melalui inklusi kesadaran pajak. Kami juga segera siapkan modul untuk bahan ajaran guna dibagikan ke sekolah-sekolah," tegas Mukhtar.

Secara nasional, kegiatan Pajak Bertutur juga dilakukan oleh seluruh unit Vertikal di 32 kanwil lain. Kegiatan tersebut melibatkan lebih dari 110.000 pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Secara khusus, kegiatan Pajak Bertutur di Universitas Sumatra Utara diikuti sebanyak 500 mahasiswa dari 4 perguruan tinggi di Kota Medan. Acara diisi dengan kuliah umum bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, yang di-relay secara langsung dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta.

Menteri Keuangan menjelaskan mengenai pentingnya pajak dalam pendanaan berbagai program untuk kepentingan bersama, termasuk bagi pembiayaan pendidikan nasional, pelayanan kesehatan, pengentasan kemiskinan, dan pembangunan infrastruktur.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU Tax Center antara Kanwil DJP Sumatra Utara I dengan Universitas Sumatra Utara.

"Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Kanwil DJP Sumatra Utara I yang telah memberikan edukasi sekaligus sosialisasi pajak. Kami berharap tax center di kampus ini menjadi yang terdepan dibandingkan dengan daerah lain," ujar Rektor Universitas Sumatra Utara dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Rektor II Universitas Muhammad Fidel Ganis Siregar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Siti Munawaroh

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper