Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saksi Kunci E-KTP Johannes Marliem Meninggal di AS, Apakah Kematiannya Terkait Peristiwa Ini?

Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan kabar Johannes Marliem, saksi kunci kasus korupsi e-KTP meninggal. Benar, yang bersangkutan, Johannes Marliem, meninggal dunia, tapi kami belum dapat informasi yang lebih rinci, karena terjadinya di Amerika, kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, pada Jumat, 11 Agustus 2017.
Johannes Marliem
Johannes Marliem

Kabar24.com, JAKARTA - Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan kabar Johannes Marliem, saksi kunci kasus korupsi e-KTP meninggal. "Benar, yang bersangkutan, Johannes Marliem, meninggal dunia, tapi kami belum dapat informasi yang lebih rinci, karena terjadinya di Amerika," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, pada Jumat, 11 Agustus 2017.

Namun KPK belum mendapat kabar resmi tentang penyebab meninggalnya Johannes Marliem. Dia disebut sebagai saksi kunci kasus megakorupsi ini karena dia mengantongi bukti pembicaraan para perancang proyek e-KTP selama empat tahun. Dia meyakini, rekaman pembicaraan itu dapat menjadi bukti untuk menelisik korupsi yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun tersebut.

Apakah kematiannya terkait kejadian di di kawasan Fairfax, pada Rabu malam, 9 Agustus 2017 waktu setempat? Los Angeles Times mengabarkan adanya kejadian petugas unit penegakan hukum Amerika, Special Weapons And Tactics (SWAT) membujuk seorang tersangka bersenjata untuk keluar dari sebuah rumah di kawasan tersebut. Polisi menemui kebuntuan hingga berjam-jam sejak pukul 16.30 waktu setempat.

Sebelumnya, menurut seorang polisi Los Angeles Sgt. Ed Villalta, ada laporan seorang pria yang menyandera sebuah keluarga dan melakukan ancaman di 600 block of North Edinburgh Avenue.

Menurut Ed, sejak awal, pria tersebut mengizinkan seorang wanita dan seorang anak untuk meninggalkan rumah tersebut. Pada 20.30 waktu setempat, negosiator penanganan krisis masih mencoba untuk menghubungi pria itu.

Belasan polisi dan FBI berkumpul dan para penghuni 600 blocks of North Edinburgh dan North Laurel Avenue dievakuasi. sekitar pukul 23.00 waktu setempat, terdengar rentetan suara tembakan.

Sementara CBS Los Angeles, juga menyebutkan adanya persitiwa di sekitar 600 blok dari North Edinburgh Avenue. Informasi lainnya sama, adanya negosiasi pihak kepolisian, dan seorang perempuan serta anak kecil yang dibawa keluar oleh laki-laki itu sekitar pukul 07.30 malam.

Kemudian, laki-laki itu ditemukan tewas di dalam rumah sekitar 02.00, Kamis dini hari, 10 Agustus 2017. Namun belum diketahui pasti apa penyebab laki-laki itu tewas, diduga kemungkinan besar dia menembak dirinya sendiri.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kepastian apakah lelaki yang menembak dirinya sendiri itu Johannes Marliem, saksi kunci korupsi e-KTP, KPK masih menungu kepastian pula. Meskipun telah banyak diberitakan di berbagai media, lelaki itu Marliem. (Tempo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper