Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pansus Hak Angket KPK Berencana Panggil LPSK

Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket DPR RI terhadap KPK berencana memanggil Lembaga Perindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk memintai keterangan terkait fungsi safe house

Kabar24.com, JAKARTA—Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket DPR RI terhadap KPK berencana memanggil Lembaga Perindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk memintai keterangan terkait fungsi safe house.

Sebelumnya, wacana terkait safe house mencuat karena digunakan oleh penyidik KPK untuk mengkondisikan kesaksian palsu Niko Panji Tirtayasa.

Niko belum lama ini dipanggil Pansus Hak Angket DPR terhadap KPK untuk dimintai keterangannya saat menjadi saksi lembaga antirasuah tersebut mempersangkakan Muchtar Effendi dalam kasus suap pilkada yang melibatkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar.

Dalam kesaksiannya dihadapan anggota Pansus belum lama ini, Nico menyebut safe house sebagai rumah sekap. Pasalnya, saat dibawa ke rumah tersebut Nico tidak boleh berhubungan dengan siapa pun termasuk keluarganya.

Sebelumnya pun, anggota Pansus Hak Angket DPR RI terhadap KPK dari Fraksi Partai Nasdem Teuku Taufiqulhadi mengatakan KPK tidak memiliki kewenangan untuk memiliki safe house.

Menurutnya, lembaga penegak hukum seperti Polri, KPK dan Kejaksaan tidak bisa memiliki safe house. Safe house, lanjut dia, seharusnya berada di bawah LPSK.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansus Hak Angket DPR RI terhadap KPK Masinton Pasaribu mengatakan akan segera menyurati LPSK untuk menemui pihaknya.

“Segera, karena kami belum mendapatkan kejelasan soal fungsi safe house. LPSK memiliki otoritas untuk mennjelaskan,” ujarnya di kompleks parlemen, Jumat (11/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper